Antisipasi Penyebaran Covid-19, BPBD Sumbar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Realitakini.com-Padang
Mewakili Pemerintah Provinsi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat semakin giat lakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah perkantoran lingkungan Provinsi Sumatera Barat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta tempat pelayanan masyarakat dan tempat-tempat keramaian. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya antisipasi mencegah penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) di Sumatera Barat. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumbar juga melaksanakan swab test secara masif.

Sementara ini, BPBD Sumbar sudah lakukan penyemprotan disinfektan di area Kantor Gubernur dan Kantor Biro Humas Setda Sumbar, Rabu (05/08). Hal ini disampaikan Kasi Logistik BPBD Sumbar, Drs. Antorizon, MH. 

"kemaren kita sudah melakukan penyemprotan di area kantor gubernur, termasuk semua kendaraan dinas di lingkungan kantor gubernur", ungkap Antorizon. (06/08)

"apalagi kami mendapat informasi adanya salah seorang pns provinsi ada yang positif terpapar covid-19 ini", ucap Antorizon lebih lanjut. 

Menurut Kasi Antorizon, saat ini BPBD Sumbar kembali berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dalam upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 pada era normal baru. 

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menemukan adanya klaster baru penyebaran covid-19 pada beberapa perkantoran di Sumatera Barat. 

Dalam hal ini, Pemprov Sumbar tidak berhenti berupaya untuk melakukan antisipasi terhadap penyebaran covid-19 di lingkungan Pemprov Sumbar. 

Selaku juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal menyampaikan bahwa telah dilakukan test PCR kepada seluruh yang berhubungan dengan pimpinan daerah, seperti ajudan, sekretaris pribadi, supir, serta semua staf. Termasuk beberapa wartawan dan pejabat yang sempat kontak erat dengan salah seorang PNS yang terpapar.

Dari hasil pengambilan dan pemeriksaan sample swab test yang dilaksanakan di kantor Gubernur, Rabu (05/08), semua hasilnya negatif. 

"alhamdulillah semua hasil test pcr kemaren, semuanya negatif", ujar Jasman Rizal.(06/08)

Untuk pelaksanaan swab test secara masif, Jasman Rizal menyampaikan bahwa Pemprov Sumbar terus berupaya melakukan test PCR secara gratis kepada siapapun yang diduga telah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. 

"saat ini tim percepatan penanganan covid-19 provinsi sumbar sedang melakukan tracking masif, mudah-mudahan tidak ada lagi yang terpapar", pungkasnya menambahkan. 

Lebih lanjut, Jasman Rizal sebagai juru bicara juga menyampaikan jumlah warga Sumatera Barat yang terkonfirmasi positif covid-19 hingga Kamis (06/08) sudah menembus angka 1.038, yang mana sebelumnya Rabu (05/08) dengan angka 1.007 orang kasus terkonfirmasi positif di Sumatera Barat. Mengingat potensi penyebaran yang saat ini masih cukup tinggi, Jasman yang juga merupakan Kepala Dinas Kominfo Sumbar mengimbau agar seluruh masyarakat Sumbar untuk tetap menjalani protokol kesehatan.(JJ)

Post a Comment

Previous Post Next Post