Follow Us

header ads

"The Cultures Of Batipuah" Festival Budaya Dan Tradisi Adat Minangkabau Di Nagari Batipuah Baruah

Realitakini.com Tanah Datar
-Batipuah Baruah menyelenggarakan Event The Cultures of Batipuah atau Festival budaya Batipuah Baruah Yang akan berlangsung dari hari Sabtu 15-17 Agustus 2020 yang menghadirkan Festival kuliner khas Batipuah, Prosesi Batagak Penghulu, Makan Bajamba, Prosesi Silek Gadang Batipuah, pertunjukan Randai, Saluang, Pargelaran Tari Tradisi, dan Fashion Pakaian Adat Minangkabau dengan Simbol" Baradaik Ka Batipuah Barajo Ka Pagaruyung Adaik Salingkah Nagari"

The Cultures of Batipuah atau Festival Budaya Batipuah dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Dt Malintang Panai, Wakil Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma,SH, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi, SE Dt Bungsu, Forkopimca, Budayawan Sumatra Barat /Tokoh Batipuah Mak Katik. tokoh tokoh masyarakat Batipuah, tokoh muda, di Batang Gadih Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah, Sabtu (15/08/2020).

Dalam kesempatan itu Wagub Nasrul Abit menyampaikan ucapan terima kasih ke Tokoh tokoh masyarakat Batipuah yang begitu peduli dalam ikut serta melestarikan budaya tradisi minangkabau.
"Batipuah sangat kental dengan adatnya sebagai Pemerintah daerah kita berterimah kasih kepada tokoh masyarakat dan semuah yang telah ikut menyelenggarakan Festival Budaya yang menghadirkan kegiatan sebagai cerminan sebagai ikut dalam ikut melestarikan budaya minangkabau, ini suatu kebanggan dan potensi lokal yang harus kita pertahankan," Kata Nasrul Abit.

Wagub menambahkan dengan adanya festival budaya yang menampilkan bermacam seni budaya, akan diambil yang terbaik untuk ditampilkan di Propinsi. Namun sekarang terkendala dengan pandemiSementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya menyampaikan sebagai Pemerintah Daerah Tanah Datar sangat mendukung acara Festival Budaya Batipuah Baruah.

"Sebagai Pemerintah Daerah kita sangat apresiasi dan mendukung Festival Budaya Batipuah ini, karena ini merupakan event yang menampilkan tradisi adat dan budaya minangkabau, dan ini patut kita banggakan dan suport," kata Wabup.

Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi SE, Dt Bungsu dalam kesempatan itu juga mengatakan sangat apresiasi dengan adanya Event Festival Budaya Batipuah yang menurutnya merupakan sebuah event untuk tetap menghidupkan tradisi dan adat budaya minangkabau.

"Dengan adanya Festival budaya Batipuah Baruah ini kita telah ikut melestarikan kebudayaan minangkabau karena dengan adanya festival budaya ini secara langsung kita telah mengajarkan adat budaya minangkabau kepada generasi muda,  karena nilai kita sebagai orang minang adalah adat dan budaya ini," Ujarnya.

H. Rony Mulyadi SE, Dt Bungsu juga menambahkan," Kita akan membicarakan hal ini dengan komisi 1 DPRD kalau bisa dengan harapan agar Pendidikan Adat dan budaya Minangkabau bisa di masukan kedalam kurikulum sekolah, karena sebelumnya kita juga sudah membahas dengan berbagai elemen,  harapan kita semoga bisa terlaksana," Kata Ketua DPRD.Pelaksanaan Festival Budaya berlangsung Aman dan lancar, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (M).

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom