Follow Us

header ads

Jalan Baru TMMD Langsung dimanfaatkan Oleh Petani dan Peternak Kalinusu Brebes

 


Realitakini.com-Brebes,

 Pogram pembangunan fisik dan non fisik desa yang dilakukan melalui TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah resmi ditutup pada 21 Oktober 2020 kemarin, sejumlah manfaat langsung dirasakan oleh masyarakat Kalinusu dan sekitarnya terutama para petani dan peternak.

Profesi masyarakat di Kalinusu yang terbantu jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, salah satunya adalah Mbah Waid (70), petani sekaligus peternak kambing asal Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu.

Dirinya menjelaskan bahwa, sebelum adanya badan jalan hasil TMMD Reguler, para peternak yang ada di desanya juga sangat kesulitan saat mencari rumput pakan ternaknya. Hal itu disebabkan karena sebelumnya belum adanya jalan yang memadai, yaitu hanya jalan setapak dan pematang sawah serta terputus 4 sungai kecil sehingga tidak bisa dilalui sepeda motor.

“Sebelum dibuka dengan alat berat dan dibangun 4 jembatan kecil (3 plat duiker dan sebuah gorong-gorong – red), sepeda motor tidak bisa lewat sama sekali karena jalan itu adalah di areal persawahan warga setempat dan pemilik sawah dari desa tetangga,” beber Mbah Waid, Jumat (23/10/2020).

“Untuk itulah saya orang tua ini mengucapkan terima kasih kepada Pak Tentara dan Ibu Bupati Brebes dan seluruh pihak lainnya yang telah membangun jalan di desa kami. Para petani dan peternak sangat terbantu sekali,” imbuh Mbah Waid yang sehari-hari menggantungkan hidup dari bertani itu.

Untuk diketahui, badan jalan yang membentang dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri itu, juga dikuatkan dengan pembangunan talud di kanan-kiri jalan, karena jalan itu masih labih dimana awalnya adalah tanah persawahan. (Rus/Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom