Penjual Bakso Keliling Yang Juga Terbantu Pembangunan Jalan TMMD Reguler Brebes

 

Realitakini.com-Brebes,

 Adalah Sukim (50), pedagang bakso keliling asli Dusun Krajan Tengah RT. 02 RW. 03, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyatakan sangat terbantu dengan pembangunan infrastruktur berupa jalan tembus di desanya, dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, yang kini telah membuka keterisoliran Dusun Kedung Kandri itu.

Sukim mengaku, bahwa sejak adanya ratusan anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang sedang membangun infrastruktur di desanya itu, dagangan sering habis sebelum tengah malam, dengan omset kotor mencapai Rp. 250-300 ribu dari penjualan Rp. 5 ribu per mangkuk jika terjual habis.

“Sebelumnya omset jualan saya biasa-biasa saja, namun sejak adanya ratusan anggota TNI dan puluhan Polri di desa saya, yang tinggal di tenda-tenda TNI di Lapangan Sepakbola Kalinusu, dagangan saya sering habis,” ungkapnya, Senin (12/10/2020).

Untuk itulah dirinya juga menyatakan terima kasih kepada Pemkab dan Kodim Brebes, atas fasilitas baru tersebut untuk menjajakan dagangannya ke Kedung Kandri.

Untuk diketahui, pembangunan jalan yang dimaksudkan penjual bakso keliling itu, adalah pembukaan badan jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter melalui TMMD Reguler.

Sudah puluhan tahun, warga Dukuh Kedung Kandri harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk ke pasar terdekat serta mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang berada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Begitu juga jika akan mendapatkan pelayanan administrasi di Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyeberang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya ka kantor desanya. (Dar/Aan)



Post a Comment

Previous Post Next Post