Penjual Kelontong Keliling Desa Tetangga Juga Terbantu Jalan TMMD Reguler Brebes


Realitakini.com-Brebes,

 Program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah berhasil mengentaskan Dusun Kedung Kandri, dari keterisoliran selama puluhan tahun, dengan pengadaan akses jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri.

Pembangunan jalan itu terbukti telah meningkatkan perekonomian warga dan juga melancarkan semua aktivitas sehari-hari, baik masyarakat setempat maupun para pedagang kecil untuk berjualan keliling dari luar desa ke Kalinusu.

Salah satunya adalah Wahyu (35), warga Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, yang sehari-harinya berjualan kelontong keliling, kini juga dimudahkan untuk mengakses Dusun Kedung Kandri, Kalinusu, melalui jalan TMMD itu.

“Kini saya mempunyai tempat baru untuk berjualan, yaitu di Dusun Kedung Kandri,” ucapnya, Kamis (22/10/2020).

Melihat jalan tersebut, dirinya menyatakan bangga karena sebelumnya belum ada jalan yang bisa tembus kesana.

Dulu warga Dusun Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan sampan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung, yaitu dengan membayar ongkos penyeberangan seribu rupiah untuk anak sekolah bolak-balik, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk setiap satu sepeda motor.

Sementara untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan.

Untuk itulah dirinya juga menyatakan terima kasih kepada Pemkab dan TNI, serta menilai bahwa pemilihan lokasi dan sasaran pembangunan infrastruktur melalui TMMD tersebut, tepat sasaran dan manfaat. (Rus/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post