Potret Kerinduan Warga Desa Kalinusu Ditinggal Oleh Satgas TMMD Reguler Brebes

   


Realitakini.com-Brebes,

 Hari terus berlalu seiring usainya TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada 21 Oktober 2020 lalu.

 Rasa kangen akan saat ratusan anggota Satgas TMMD masih bertugas di Kalinusu, bagi masyarakat setempat tidak hanya soal peningkatan infrastruktur saja, namun juga arti jalinan persaudaraan dan kekeluargaan.

 Menurut Suniti (52), jilbab coklat, salah satu warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu, sejak adanya TNI di desanya maka segala aktivitas masyarakat ditemani dan dibantu oleh TNI, termasuk jualan apa saja juga laku.

 “Kini warga kami sudah bisa menikmati hasil jerih payah pelaksanaan TMMD, namun kami warga desa juga merasa kesepian setelah TMMD berakhir, karena para TNI yang dulu meramaikan desa kami telah pulang kepada keluarganya masing-masing,” ungkapnya, Sabtu (24/10/2020).

 Suniti menyatakan terima kasih kerana keluhan kangen kepada para mantan anggota Satgas TMMD dipublikasikan melalui medsos, dengan harapan terbaca yang merasa sehingga suatu saat dirinya dikunjungi.

 “Semoga jika ada kesempatan saya dikunjungi anak-anak saya yang TNI itu, dari Batalyon 406 Purbalingga,” imbuhnya.

 Tak lupa perempuan paruh baya itu menyatakan akan mengajak masyarakat Kalinusu untuk merawat seluruh hasil pembangunan untuk generasi selanjutnya.

 Sebagai informasi, hasil sasaran fisik umum masyarakat yang telah dibangun melalui TMMD meliputi badan jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter yang membentang dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri, serta 3 item sarana penguat jalan yang berupa talud di kanan-kiri jalan, 3 plat duiker, dan juga sebuah gorong-gorong.

 Selanjutnya adalah lapangan bola voli di samping Lapangan Sepakbola Desa Kalinusu, serta 2 unit MCK semi permanen dengan fasilitas 2 kamar mandi dan 8 jamban di lapangan tersebut.

 Sedangkan untuk sasaran fisik khusus yaitu rehab rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit milik 4 warga kurang mampu di Dusun Karanganyar, dan 1 unit di Dusun Kutagaluh. (Rus/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post