Follow Us

header ads

Terus Memotivasi Pemanfaatan Lahan Sempit di Lokasi TMMD Reguler Brebes

 


Realitakini.com-Brebes,

 Ditugaskan untuk membackup Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, dalam memangun sasaran non fisik masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, para Babinsa Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713 Brebes, terus mensosialisasikan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Tampak Serda Ariyanto, yang ditugaskan satuannya sebagai anggota tim jurnalistik TMMD Reguler 109 Brebes, mengapresiasi upaya Syariah (40), warga Dusun Kutagaluh RT. 05 RW. 02, Kalinusu, yang memanfaatkan halaman sempit di depan rumahnya untuk menanam kangkung dengan media gelas plastik. Minggu (18/10/2020).

Dijelaskan Serda Ariyanto, berkebun dengan mengeksplorasi pekarangan rumahnya adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang selama pandemi covid-19.

“Selain menjadi hobi baru untuk mematuhi himbauan pemerintah agar tidak keluar rumah, bercocok tanam seperti ini memang bagus untuk menunjang pemenuhan gizi keluarga, sehingga ini juga bagus sebagai bahan penyuluhan kepada warga lainnya selain protokol kesehatan 3M,” ungkapnya.

Menurutnya, walaupun sifatnya kecil, minimal dapat meringankan pemenuhan kebutuhan dapur sehari-hari sehingga tidak perlu lagi membeli sayuran yang sudah ada atau dapat menghemat biaya di saat krisis ekonomi pandemi.

Hal ini juga sangat bagus untuk diterapkan di Desa Kalinusu, dimana mayoritas warganya berprofesi sebagai petani dan buruh tani, namun saat musim kemarau mereka banyak menelantarkan lahan sawahnya karena hanya tadah hujan.

“Motivasi kepada warga Kalinusu untuk memanfaatkan pekarangan rumah walaupun sempit untuk bercocok tanam dengan media polybag, pot, ember bekas, dan lain-lain, bertujuan agar para warga lebih bersemangat lagi dalam bertani sambil menunggu musim hujan atau musim tanam tiba,” tandasnya.  

Sementara Syariah mengaku, bahwa sudah dua bulan ini berkreasi memanfaatkan halaman rumahnya itu.

Baginya, selain menjadikan halamannya lebih asri, sejuk, bersih, dan terawat, sayuran yang ditanamnya itu, membuatnya tetap produktif di rumah. (Rus/Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom