DPRD Kampar Kunjungi Perpustakaan Dan Arsip Kota Padang Panjang

Realitakini.com-Padang Panjang.
Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kampar, Provinsi Riau melakukan kunjungan studi tiru Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Perpustakaan ke Dinas Perpustakaan dan Arsi Kota Padang Panjang, Jum'at (13/11).

Rombongan yang terdiri dari Ketua Pansus, Zumrotun, S.Sos, Wakil Ketua, IIB Nursaleh, S.Kom beserta tujuh orang anggota pansus diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST.

Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Kampar, Zumrotun, S.Sos saat dimintai keterangan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari Perda Penyelenggaraan Perpustakaan dan beberapa inovasi program kegiatan yang telah di lakukan oleh Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang.

"Kami saat ini adalah pansus, pansus tentang penyelenggaraan perpustakaan yang mana kami sedang melaksanakan kunjungan kerja atau referensi ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang. Sebab di sini sudah ada perdanya dan saat ini kami baru rancangan ingin melihat dan mereferensi dari perda yang sudah ada, "ujarnya

Beliau mengatakan, dipilihnya Kota Padang Panjang sebagai tempat kunjungan kerja kali ini sudah melalui beberapa pertimbangan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah tapi di Kota Padang Panjang ini lah yang bagus sekali artinya komitmen Walikota bersama dengan kepala Dinas nya atau kepala OPD memang sangat jelas.

"Sehingga disini mendapatkan penghargaan Kota literasi satu-satunya kan untuk di Sumatera, itulah makanya kami hadir kemari kami perlu banyak belajar dari keberhasilan yang sudah didapat oleh Kota Padang Panjang, "katanya.

"Ke depan tentunya kami akan menyampaikan kepada Dinas terkait di Kabupaten Kampar, dalam hal ini Dinas Pustaka dan Arsip setidaknya dia bisa mengikuti jejak yang sudah dibuat oleh Kepala Dinas Kota Padang Panjang, "pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST mengatakan kunjungan pansus DPRD kabupaten Kampar ini yaitu dalam rangka persiapan pembuatan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan di Kabupaten Kampar kemudian studi banding tentang kondisi gedung perpustakaan karena mereka juga akan membangun gedung Perpustakaan.

Dalam kunjungan tersebut, Alvi Sena nenampilkan beberapa progres yang telah dilakukan oleh Dinas Pustaka dan Arsip sejak mulai dari tahun 2017 sampai tahun 2020 ini. Salah satunya tentang gerakan perpustakaan yang diantaranya bagaimana cara kita memotivasi masyarakat untuk menumbuhkan taman baca, bagaimana cara kita memotivasi masyarakat untuk menggerakkan literasi dan agar masyarakat kita bisa menjadi masyarakat yang literan. 

"Jadi kita tampilkan gambar-gambar dalam pembinaan pembinaan ke TBM ke masyarakat ke tempat-tempat keramaian, termasuk progres pertambahan anggaran dari 2017 sampai 2020, "ungkapnya 

"Tanggapan DPRD kabupaten Kampar sangat apresiasi sekali ran menganggap memang kunjungan ke Padang Panjang ini suatu kunjungan yang sangat tepat bagi mereka untuk bisa mengambil pengetahuan untuk pengembangan perpustakaan kedepannya. Jadi mereka sangat apresiasi sekali dengan apa yang telah kita lakukan selama ini, "tutupnya. (Abe)



Post a Comment

Previous Post Next Post