Follow Us

header ads

Perangkat Nagari Dan Masyarakat Jorong Gunung Bungsu, Goro Pembuatan Jalan Ke Air Terjun Puti Baliriang

Realitakini.cim Tanah Datar
Air Terjun Puti Baliriang yang memiliki keindahan yang sangat mempesona ini  berada di jorong Gunung Bungsu nagari Batipuah Baruah kecamatan Batipuh kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Untuk menuju ke lokasi para pengunjung menyusuri jalan setapak dengan jarak lebih kurang 300 meter dari jalan utama, sebelum menuju ke lokasi air terjun pengunjung juga dapat berselfi atau berswafoto di Goa Puti Baliriang.

Saat dihubungi lewat telepon salah seorang penggiat wisata dan juga perangkat nagari Basyirudin menyampaikan, Air terjun ini sebenarnya ditemukan sudah lama, hanya saja belum tergarap, pada waktu lalu sempat di ekspos ke media sosial dan mendapatkan respon yang positif, sehingga ini menjadi semangat kami dari generasi muda dan masyarakat untuk membuka akses jalan menuju kelokasi, ujarnya.

Menurut Basyir dengan dilandasi semangat kebersamaan pemuda dan masyarakat jorong Gunung Bungsu melakukan Gotong Royong Bersama mebuat akses jalan menuju ke air terjun, Rabu (04/11/2020).

"Sebelumnya sudah dilakukan Gotong-royong khusus pemuda saja, saat koordinasikan dengan pemerintah Nagari dan kecamatan sangat mendukung kegiatan tersebut, sehingga turut hadir dalam Goro ini  Perangkat Pemerintah Kecamatan, Pj Wali Nagari, perangkat Nagari dan kepala Jorong Se-Nagari Batipuah Baruah," ungkapnya.

Pada saat yang bersamaan Pj. Wali Nagari Batipuah Baruah Ibu Yulia Wastini, S. Sos yang turut hadir dalam pelaksanaan Goro itu menyampaikan, "Nagari Batipuah Baruah memiliki banyak potensi wisata yang sangat indah salah satunya Air Terjun Puti Baliriang, kami sangat mendukung ide kreatif dari pemuda jorong Gunung Bungsu untuk pengembangan potensi objek wisata Air Terjun Puti Baliriang, dalam waktu dekat kita usahakan  segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar potensi wisata ini bisa dikembangkan dan dikelola  dengan baik kedepanya melalui program-program pemerintah yang ada, selain air terjun ini jorong Gunung Bungsu juga memiliki objek wisata Goa Puti Baliriang dan memiliki kawasan tempat tumbuhnya Bunga Rafflesia Arnoldi," Sampainya.

Yulia Wastini juga menyampaikan Pemerintahan kecamatan juga sangat mendukung dan mendorong kegiatan-kegiatan untuk pengembangan wisata alam di Nagari Batipuah Baruah,  karena trennya saat adalah wisata alam sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan,  dan jika air terjun Puti Baliang ini dikelola dan dikembangkan secara profesional, maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dijorong Gunung Bungsu khususnnya, "Katanya.

Sementara itu ketua Pemuda jorong Gunung Bungsu Sosdi Yendra, berharap potensi objek wisata Air Terjun Puti Baliriang bisa mendapatkan perhatian dari pemerintahan kabupaten maupun pemerintahan provinsi, 

"Kita dari pemuda sekaligus masyarakat jorong Gunung Bungsu berharap adanya bentuk dukungan dan bantuan dari pemerintah dalam mengembangkan potensi Air Terjun Puti Baliriang, sekaligus dalam upaya memperdayakan pemuda dan masyarakat untuk bersama-sama mengelolah pariwisata,  bantuan baik berupa bimbingan atau pembinaan Pariwisata dari pemerintah sangat kami harapkan," pungkasnya. (M)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom