Follow Us

header ads

Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Pendidikan kepada 4.345 Siswa Setingkat SD Dan SMP

Realitakini.com  Tanah Datar 
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar kembali salurkan  bantuan pendidikan sebesar Rp. 1.888.000.000,- kepada 4.345 siswa SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Tanah Datar.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis dari Ketua BAZ Tanahdatar Djasmansyah kepada PJs Bupati Tanahdatar diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten tanahdatar Riswandi dan juga disaksikan oleh Pengurus BAZ Tanahdatar,Kepala Kementerian agama diwakili Kasi BAZ Aresno, Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Ketua Aisyiah Tanahdatar H Rusyida Rusli,Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Mustafa akmal Dt Sidi Ali dan kepala MTs Muhammadiyah Bulqis yang dilaksanakan dihalaman MTs Muhammadiyah Lima kaum, Senin (30/11/2020)

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi dalam sambutan memberi apresiasi terlaksananya penyaluran bantuan kepada siswa dari keluarga mampu.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini terus berlanjut dan dapat ditingkatkan,"   Karena  program Baznas membantu bidang pendidikan dan membantu masyarakat yang membutuhkan berarti turut mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata bupati

Menurut bupati,"Dengan APBD yang terbatas, peran stake holder lain khususnya Baznas sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak Tanah Datar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan.  berharap Baznas bisa menjadi lembaga yang lebih amanah dan profesional sehingga persoalan-persoalan pendidikan, kesenjangan sosial dan kemiskinan dapat diminimalisir dengan program Baznas yang baik dan terarah. "Semoga potensi zakat juga tidak hanya dari zakat profesi pegawai negeri tetapi juga dari zakat pertanian, perkebunan, perdagangan, pertambangan dan sumber-sumber daya lain yang bisa dikelola untuk kemaslahatan umat," ujarnya

Sementara itu Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan bantuan yang diberikan  Baznas tanahdatar  senilai  Rp. 1.888.000.000,- .dan sebelumnya, sebelumnya juga sudah disalurkan bantuan Rp. 680 juta untuk beasiswa masuk Perguruan Tinggi Negeri kepada 333 orang dan Rp. 100 juta untuk beasiswa ke Timur Tengah serta beasiswa untuk anak  miskin yang kuliah di luar daerah sebesar Rp. 44 juta..

"kita memberikan aspresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten tanahdatar yang telah menyalurkan dana zakat sertifikasi  guru mencapai Rp 1,6 milyar dan kita juga  berharap akan terus mendorong dinas dan pengusaha lainnya untuk membayar zakat penghasilannya termasuk anggota DPRD Tanahdatar dan sampai saat ini belum tersentuh dengan penghasilan yang diperolehnya," sampai Yasmansyah

Yasmansyah juga menjelaskan, "Pada tahun 2021 mendatang kita juga menargetkan pencapaian zakat sebesar Rp 10 milyar  dan jika target ini tercapai tentu  bantuan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak kita dan menambah motivasinya giat belajar demi masa depan yang lebih baik lagi dan kami do'akan para muzaki diberi keberkahan dan kelapangan rezkinya serta tetap mempercayakan kepada Baznas untuk masyarakat Tanah Datar,".urainya.

Sedangkan Ketua Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Mustafa Akmal Dt Sidi Ali dan Kepala MTs Lima Kaum Bulqis menyampaikan,: "Terima kasih kepada Baznas Tanah Datar yang telah memberikan bantuan pendidikan untuk anak kita di kecamatan lima Kaum termasuk dari MTs  Muhammadiyah Lima Kaum sebanyak 13 orang karena juga akan mendorong semangat anak dan para orang tua sekolah di MTs Muhammadiyah lima Kaum karena dari 50 orang siswanya sekitar 75 persen berasal dari keluarga miskin dan anak anak panti dan mereka tidak saja berasal dari tanahdatar tapi juga berasal dari medan, Jambi, Solok, Lintau dan Sijunjung," pungkas Mustafa Akmal.(rel)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom