Bupati Malang Launching Mobil PLAT N, Adminduk Bisa Langsung Cetak di Desa

Realitakini.com, Kabupaten Malang.
Bupati Malang, H.M. Sanusi, melaunching mobil Pelayanan Kilat Khusus Adminduk (PLAT N) dan membuka workshop pemanfaatan data kependudukan di hall rumah makan Bojana Puri, Kepanjen, Senin (14/12/2020) pagi. 

Mobil tersebut, sebagai upaya memberikan pelayanan kebutuhan administrasi kependudukan di Kabupaten Malang, hingga ke pelosok desa. Tujuannya, agar masyarakat dapat merasakan pelayanan tepat, cepat dan tanpa bayar. 

‘’Pemkab Malang terus mendukung program PLAT N dengan penambahan mobil dan sekarang ada dua unit kendaraan yang dapat dioperasikan," kata Sanusi.

Guna membantu proses administrasi masyarakat melalui inovasi PLAT N, maka hari ini kita melaunching mobil baru," demikian ujar politisi PDI Perjuangan itu. Sementara, Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sirath Aziez, menjelaskan, pelayanan program PLAT N meliputi pengurusan KTP rusak dan hilang. Selain itu, Kartu Identitas Anak (KIA), serta Akta Kelahiran. 
"Teknisnya, bisa langsung cetak di tiap desa dengan bergiliran," kata Sirath.

Menurutnya, tiap Kecamatan sudah disiapkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan setiap saat mampu mencetak KTP, KK, Akta Kematian dan Kelahiran. Saat ini,Pemkab Malang sudah memiliki 17 mesin ADM yang beroperasi di Kecamatan. PLAT N  akan keliling sesuai jadwal yang ditentukan setiap harinya dan kuota tergantung permintaan masyarakat di hari itu juga.Lanjut Sirath, Pemkab Malang mentargetkan mobil PLAT N minimal empat unit. 

"Sekarang sudah ada dua unit, insyaAllah tahun depan Dispendukcapil akan mengajukan tambahan dua unit lagi," jelasnya.

"Semoga inovasi pelayanan Dukcapil ini dapat memberikan kemudahan pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan publik," harap Sirath, mengakhiri. (al)

Post a Comment

Previous Post Next Post