Baznas Kab.Luwu Timur Melakukan Kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik

BAZNAS KABUPATEN LUTIM

Realitakini.com- Luwu Timur 
Badan Amil Zakat Nasional (baznas) kab. luwu timur,Provinsi Sulawesi Selatan. bersinergi dengan pemerintah Desa Bawalipu Kec Wotu Kab Luwu Timur dalam rangka mendukung program zakat comunity develotmet (ZDC) untuk meningkatkan taraf hidup guna untuk kesejahteraan masyarakat kab luwu timur.30/1/2021

Dalam rangka Pelatihan budidaya tanaman hidroponik Kegiatan yang di lakukan baznas Kab Luwu Timur yang bekerja sama dengan pemerintah Desa Bawalipu Hal ini menjadi langkah baznas dalam program pemerintah dalam mengembangkan sumber daya alam yang ada di luwu timur guna men dorong ketersedian pangan yang mandiri dan menunjuang pertumbuhan ekonomi di masa masa pandemi COVID-19.

Dalam pelatihan ini masyrakat di praktek proses penanaman tanaman hidroponik mulai dari cara penyamaian hingga cara mencampur nutrisi untuk pupuk tanaman hidroponik sampai di pindahkan ke instalasi media tempat tanamnya hingga sampai panen.

Tanaman hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang di perkaya dengan nutrisi,bukan tanah hal ini menjadi ukuran nutrisi,pengendalian hama dan pencahayaan lebih muda di kolola dengan hidroponik pun akan lebih ramah lingkungan dan sayuran yang di hasilakn juga lebih sehat,

bertanam dengan metode hidroponik akan menghasilakan sayuran yang berkualitas baik dan bebas dari zat kimia berbahaya dan dengan media tanamnaya pun mudah di dapatkan bisa juga memanfaatkan bekas botol plastik air mineral dan kain dan wadah plastik lainnya.

Dengan metode ini ini memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa tanaman hidroponik dapat memanfaatkan halaman rumah dan lahan kosong meski tidak mempunyai lahan yang luas agar dapat lebih produktif membentuk suatu kemandirian pangan dan mengajak masyrakat  mendukung ketahanan pangan keluarga dan bisa menjadi sumber ekonomi alternatif guna terciptanya masyrakat yang lebih sejahtera.(RSY)

Post a Comment

Previous Post Next Post