Follow Us

header ads

Kepala Perpustakaan Nasional Resmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah Tanah Datar Secara Virtual

Realitakini.com Tanah Datar -Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, resmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar secara Virtual, Kamis (21/01/2021) Di Batusangkar Sumatra Barat.


Gedung perpustakaan daerah yang terletak di jalan Sultan Alam Bagagarsyah resmi digunakan fungsi dan penggunaannya sesuai dengan motto sebagai pusat Ilmu pengetahuan, pusat pemberdayaan masyarakat, sebagai pusat kebudayaan serta pusat peradaban dan kecerdasan.


Hadir dalam peresmian itu Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Forkopimda, Staff Ahli bupati bidang perekonomian dan pembangunan Nusyirwan, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar Wardarusmen, SE, MM, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Tanah Datar Erizal Ramli.Keoala BPBD, kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD, Ketua MUI, Ketua Bundo Kanduang, Camat, Walinagari serta tamu undangan lain


Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Tanah Datar Erizal Ramli menyampaikan bahwa gedung perpustakaan  diresmikan secara virtual oleh kepala perustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando.


Erizal Ramli juga menyampaikan, "Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah mendirikan perpustakaan sebagai bentuk dukungan ikut dalam pembangunan sumber daya manusia, karena perpustakaan sebagai wadah pusat informasi sumber ilmu pengetahuan, dalam pelaksanaannya pemerintah harus memberikan tempat yang layak," ujarnya.


"Untuk itu tahun 2017 dimulai pembangunan rangka dasar  kontruksi dengan Anggaran dari APBD Tanah Datar senilai 2,4 M. pada tahun 2018 dilanjutkan pembangunan tahap 2 dengan anggaran dana bersumber dari APBD senilai 2,6 M lebih. dan pembangunan dilanjutkan tahap 3atau tahap finishing penyelesaian dengan Anggaran DPRD senilai 3,3 M dan diakhir tahun 2019 pembangunannya selesai dengan total anggaran senilai 9,5 M," urai Erizal Ramli


Menurut nya proses pembangunan gedung berlantai 4 dikawal langsung oleh Tim TP4 Tanah Datar. Untuk itu Erizal Ramli mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dengan selesainya pembangunan gedung perpustakaan tersebut.


Sementara itu Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan atas nama pemerintah masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan oleh kepala perpustakaan Nasional sehingga bisa langsung meresmikan gedung perpustakaan walaupun dilaksanakan secara virtual.


"Sebagai kepala daerah dan masyarakat kami menyampaikan, dengan aggaran lebih kurang 9,5 M merupakan jumlah yang sangat besar jika dilihat dari APBD Tanah Datar, sehingga gedung dengan lantai 4 ini bisa berdiri megah dijantung kota Batusangkar," sampai Zuldafri Darma.


Menurut Zuldafri Darma ada 4 prioritas utama dalam Rencana kerja pembangunan adalah salah satunya meningkatkan Sumberdaya manusia, dan ini sesuai dengan visi dan misi kabupaten Tanah Datar dalam ikut memberdayakan masyarakat.


Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando secara virtual menyampaikan Pemerintah Tanah Datar telah mempersembahkan bentuk pembangunan sumberdaya manusia dengan mendirikan Gedung Perpustakaan.


"Sesuai dengan Visi dan Misi Presiden RI Joko Widodo adalah meningkatkan sumberdaya manusia, karena itu menjadi kewajiban bagi setiap kepala daerah untuk melaksanakan program tersebut, dan Tanah Datar telah ikut melaksanakan program itu dengan adanya Gedung perpustakaan yang hari ini diresmikan," tutup Muhammad Syarif Bando.


Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis mobil perpustakaan oleh kepala Perpustakaan nasionan dan penguntingan pita. acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.(M)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom