Follow Us

header ads

Rafflesia Jenis Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh Dan Mekar Di Kebun Warga Padang Datar Tanjung Barulak

Realitakini.com Tanah Datar                                    -
Bunga Rafflesia jenis bunga bangkai raksasa dalam bahasa latinnya Amorphophallus Titanium atau Kibut  atau juga suweg raksasa ditemukan tumbuh dan mekar diperkebunanan milik warga di Bukit bunga Jorong Padang Datar Nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.

Seperti dikutip dari laman www.wikipedia.org bunga bangkai raksasa amorphophallus titanium atau juga disebut suweg raksasa altau Kibut merupakan tumbuhan jenis talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra yang dikenal dengan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar didunia yang bisa mencapai tinggi 5 Meter.

Menurut laman Wikipedia Bau busuk seperti aroma bangkai yang keluar dari bunga itu adalah untuk menarik perhatian lalat dan kumbang untuk membantu penyerbukannya. Bunga yang setinggi 1,40 M pertama kali ditemukan oleh seorang warga bernama Toni pada minggu, 17 Januari 2021. Menurutnya dia mendapat informasi dari bibinya.

"Pertama saya bertemu bunga langka ini masih kuncup, saat itu saya diberitahu oleh etek (bibi-red) saya bahwa ada tanaman aneh yang tumbuh dikebunnya, langsung saya ke lokasi dan menemukan bunga bangkai itu," jelas Toni saat mengantar wartawan ke lokasi bunga tumbuh, Sabtu (23/01/2021).

Sementara itu Kepala Jorong Padang Datar Randi Pratama yang ikut bersama rombongan dilokasi bunga bangkai tumbuh menyampaikan, setelah Ia mendapat informasih maka kamis tanggal 21 januari Ia bersama rekan-rekannya menyambangi tempat tersebut.

"Ketika saya datang kesini dua hari yang lalu tepatnya hari Kamis bunga ini Mekar dan mengeluarkan bau busuk seperti bangkai," ujarnya.

Menurut Randi sekarang bunga Rafflesia atau  Bangkai Raksasa jenis Amorphophallus Titanium sudah dipagar dan diberi papan larangan untuk melindungi bunga dari tangan-tangan jahil yang bisa merusak bentuk dan keindahan bunga bangkai raksasa itu. (M)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom