Rp 8 Milyar Dikucurkan Percantik Pasar Padang Panjang.

Realitakini.com-Padang Panjang.
Tahun ini Pemko kembali mengganggarkan dana lebih kurang Rp 8 miliar untuk mempersolek wajah kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran Covid-19. Ditargetkan rampung dalam enam bulan, kawasan pasar bakal “tacilak” dan menarik untuk dikunjungi.  

“Kita berupaya bagaimana memaksimalkan kawasan pasar itu menjadi lebih asri, dikunjungi orang, menjadi daya tarik. Tahun ini akan ada pembenahan. Sekarang dalam proses tender dan tanda tangan kontrak,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Welda Yusar, ST, MT ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/1).

Terhitung pengerjaan dari bulan April dan perkiraan selesai di September, lanjut Welda, Pemko akan mempersembahkannya sebagai hadiah di Hari Jadi Kota (HJK). “Mudah-mudahan terlaksana dan menjadi hadiah di HJK,” tuturnya.

Welda menyebut, trotoar akan dibangun mulai dari Jalan M. Syafei menuju Jalan Khatib Sulaiman, serta di Jalan Imam Bonjol.  “Pengerjaan trotoar mulai dari simpang Gedung M. Syafei sampai ujung dekat gerbang Tanah Hitam. Kemudian, mulai simpang AB Mart, sampai simpang Bank Nagari Syariah,” jelasnya. 

Konsep pedestrian di kawasan pasar tersebut, kata Welda, merujuk sejumlah konsep di beberapa daerah di Indonesia termasuk daerah sekitar. 

"Ada yang bagus, kenapa tidak kita terapkan  seperti pemakaian 'bollard'. Padang kita rujuk, Bukittinggi kita rujuk. Ini kita kolaborasikan memberikan sesuatu yang spesial di Kota Padang Panjang,” lanjutnya. 

Trotoar dengan material andesit itu, kata Welda, ramah disable.  Di spot-spot tertentu, nantinya ada pepohonan,  taman, tempat duduk dan lighting. Pangkalan ojek akan dirapikan, berkordinasi dengan Dinas Perhubungan. Kita akomodir agar lebih rapi pangkalannya,” katanya. 

 Dijelaskan Welda, di depan pasar akan ada vertical garden dan ampitheater mini sebagai panggung tempat anak-anak muda berkreasi seni. Di pasar juga disediakan “Tourist Information Center" yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. (Abe)

Post a Comment

Previous Post Next Post