75 Usulan Dibahas di Musrenbang PPB Wako Fadly: Pembangunan Fisik Berdasarkan Prioritas


Realitakini.com-Padang Panjang

Walikota, H. Fadly Amran, BBM Datuak Paduko Malano menekankan pentingnya pembangunan fisik. Kendati begitu, harus ada skala prioritas, terlebih di era pandemi Covid-19 ini.

"Saya minta dipilah kembali dengan baik.  Mana-mana saja yang menjadi skala prioritas. Baik itu pembangun fisik, pembangunan nonfisik, maupun recovery ekonomi. Agar indikator dan target pencapaiannya jelas," sebutnya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB),  Rabu (3/2) di Aula Hotel Aulia. 

Ditambahkannya, Musrenbang adalah sebuah proses yang baik. Namun eksekusinya dari tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan harus dengan skala prioritas. "Karena tidak mungkin kita bisa mengakomodir semuanya. Apalagi  dengan kondisi pandemi ini, pemotongan anggaran yang sangat luar biasa. Ada refocusing anggaran untuk prioritas-prioritas pembangunan dan recovery ekonomi,” lanjutnya.

Fadly berharap, kesamaan visi misi dan adanya sinkronisasi antara program pemerintah kota dengan program kecamatan maupun kelurahan, akan sangat membantu. " Semoga di tahun 2021 ini, semua pembangunan kota yang tertunda karena Covid-19, bisa kita selesaikan bersama-sama," imbuhnya. 

Sementara itu Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md menyanpaikan, pembangunan merupakan proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai kondisi ideal. Dia berharap melalui forum Musrenbang ini, akan memunculkan kesepakatan dan kemufakatan, seperti peningkatan ekonomi masyarakat yang berdampak langsung pada industri kecil. "Besar harapan kami, hasil Musrenbang ini sesuai dengan kepentingan masyarakat banyak,” katanya. 

Terkait pelaksanaan Musrenbang, Camat PPB, Fhandy Ramadhona, S.STP, MM menjelaskan, ada  beberapa perubahan mekanisme dalam pelaksanaannya. Di mana usulan-usulan kali ini ditarik dari usulan tahun lalu yang belum terakomodir. 

Pada Musrenbang PPB ini, ada 75 usulan, yang terdiri dari 55 usulan di bidang fisik, 12 bidang ekonomi, dan delapan bidang sosial budaya. Untuk bidang fisik, sebelumnya saat pra-Musrenbang ada 66 usulan, dan disaring menjadi 55 usulan. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, kepala Bappeda, Rusdianto, SIP, MM, Forkopimda, kepala OPD, KAN Busur, TP-PKK, lurah, LPM, organisasi pemuda dan tokoh masyarakat. (Abe)

Post a Comment

Previous Post Next Post