Follow Us

header ads

Adinegoro Tokoh Pelopor Jurnalistik Indonesia Berasal Dari Talawi Sawahlunto

Realitakini.com Tanah Datar 
Adinegoro merupakan tokoh Pers dan kesusastraan Indonesia, kelahiran Talawi  Sawahlunto, Sumatra Barat 

Putra dari pasangan Usman Bagindo Khatik dan Sadarijah dengan nama Djamaluddin Adinegoro gelar Datuek Maradjo Sutan, lahir di talawi 14 Agustus 1904. memulai pendidikannya di Stovia tahun (1918-1925)

Terkenal sebagai tokoh pelopor  jurnalistik dan Moyangnya Wartawan Indonesia  dengan bukunya yang berjudul Melawat Ke Barat yang diterbitkan pada tahun 1926, namanya di abadikan sebagai "award" karya jurnalistik terbaik setiap Tahunnya dalam peringatan hari Pers Nasional setiap 09 Februari.

Dalam kesempatan hari Pers Nasional itu Penulis menyusuri tanah dan rumah Kelahiran tokoh Pers dan sastrawan nasional di Talawi. penulis disambut ibuk Iriswati (81) tahun merupakan cucu dari Djamaludin Adinegoro, Selasa (09/02/2021).

"Beliau dulu lahir di rumah gadang (rumah Adat Minangkabau) yang sekarang hanya tinggal tangganya," Sampai Iriswati.

Selanjutnya Iriswati menunjukan foto-foto Adinegoro bersama keluarganya di ruang rumahnya termasuk foto Iriswati ketika menerima kunjungan Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2018 lalu.

"Beliau meninggal pada  8 Januari 1967, dan juga merupahkan saudara dari Prof Muhammad Yamin," Tutup Iriswati. (M)



Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom