Follow Us

header ads

KKKS Kecamatan Lubuk Basung Lakukan Pembuatan Soal TO

Realitakini.com - Agam
Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( KKKS) Kecamatan Lubuk Basung lakukan pembuatan soal Try Out ( TO). Yang dilaksanakan di SDN 25 Balai Ahad, Selasa, (03/02). Pembuatan soal TO tersebut di laksanakan oleh 16 orang guru yang di tugaskan oleh KKKS Kecamatan Lubuk Basung.

Dalam pembuatan soal soal try out ( TO) , tersebut dibimbing langsung oleh pengawas Sekolah Kecamatan Lubuk Basung.

Fadli.S ketua KKKS Kecamatan Lubuk Basung mengatakan, hari ini kita lakukan pembuatan soal TO  untuk SD yang ada di Kecamatan Lubuk Basung. Semoga guru guru kita mampu melahirkan soal yang mampu mengasah kompetensi peserta didik. 

Ketua Koordinator Unit Kecamatan Lubuk Basung , Mara Sakti, S.Pd, M.Pd menjelaskan, bahwasanya Ujian TO merupakan langkah awal bagi kita, untuk evaluasi kemampuan peserta didik.

Quipperian! Secara sederhana, try out (TO) adalah bentuk ujian sebagai uji coba yang diberikan pada siswa. Soal try out disusun oleh Tim dari guru guru , yang tergabung dalam KKKS Kecamatan Lubuk Basung , berdasarkan skl dan kisi-kisi ujian nasional. Namun demikian, soal-soal ujian TO tidak dapat dipastikan apakah sama atau tidak dengan soal-soal ujian nasional yang akan dihadapi siswa.

Try out ujian  yang diberikan kepada siswa sangat penting artinya bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional. Bermanfaat untuk siswa sendiri, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Tujuannya untuk mempersipakan UN dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

Try Out ( TO) bermanfaat untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan. Esensi soal-soal try out dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian.

Jika hasil TO yang diperoleh siswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal TO. Siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang.

Try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

Sementara itu, try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu siswa belajar di rumah. Jika hasil yang diperoleh siswa belum memuaskan maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi membimbing siswa belajar di rumah. " Jelas Mara Sakti".( Aldi).

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom