Pelayanan Online Dinas Dukcapil Tanah Datar

Realitakini.com Tanah Datar                                   
Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) kabupaten Tanah Datar memberikan kemudahan pelayanan dengan program inovasi berbasis online melalui http://oasedukcapil.tanahdatar.go.id dan melalui whatsapp di nomor +628116600678

Hal itu disampaikan Kepala Kependudukan dan pencatan catatan sipil Drs. Armen Yudi, M.Si di ruang kerjanya di Batusangkar Senin (01/02/2021).

"Ini sudah lama kita laksanakan pelayanan online melalui website dan aplikasi whatsapp,untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat KK, KTP atau surat akta kelahiran cukup menggunakan androit dengan mengakses lewat aplikasi tersebut dan bagi masyarakat yang tidak bisa menggunakan dua layanan itu bisa minta bantuan dengan mendatangi kantor walinagari setempat," ujar Kadis Dukcapil.

Menurut Armen Yudi inovasi layanan yang telah diberikan Dinas dukcapil memberikan keberkahan serta kemajuan dimasa pandemi karena dengan menggunakan akses dan aplikasi itu telah menghindari kerumunan massa yang antri menunggu gilirannya. 

"Sekarang untuk KTP bisa merekam di kantor camat, disini hanya tempat pengolahan data semuanya telah dilakukan secara online tidak lagi manual atau dengan mendatangi kantor Dinas Kependudukan," katanya.

Armen Yudi juga  mengatakan sesuai Data Agregat Dak 2 kependudukan Tanah Datar pada tahun 2021 berjumlah total  374.691 dengan jumlah 114.524 KK.

"Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga memberikan pelayan administrasi kependudukan dengan berkeliling, "karena Pandemi covid-19 kegiatan itu dihentikan dan itu menjadikan peningkatan pelayanan berbasis online tidak ada lagi masyarakat yang datang ke kantor untuk pengurusan administrasi kependudukan," kata Armen Yudi.

Dengan motto tunda ke Dukcapil, cukup dari rumah saja. Download aplikasi di dukcapil tanah datar. go.id  . (M)       


Post a Comment

Previous Post Next Post