Follow Us

header ads

Pengurus Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Kunjungi Panti Asuhan Putra Aisyiah Sungai Penuh

Realitakini.com Tanah Datar                                    --Pengurus dan anggota Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, mengadakan  studi banding ke Panti asuhan Putra Aisyiah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi dalam rangka melihat pengelolaan panti asuhan tersebut, Senin (14/02/2021)

Kunjungan dipimpin langsung ketua PCM Lima Kaum Mustafa Akmal didampingi anggota Aisyiah Tanah Datar Ulfah Hanum SE, serta empat anggota  Hariyanto, Ilham Dhani Habibilah , Muhammad Ghani, Gilang.

Kedatangan pimpinan Cabang Muhammadiyah Lima Kaum  diterima oleh Ketua  Aisyiah Sungai Penuh Hj. Delina Matjudin, Hj Hazir Sabariah, Hj Mursriyenti, Dra Ernawati Rum dan sekretaris Aisyiyah Jusmaniar disamping ketua PDM Sungai Penuh Yudesman MAG serta Pembina Panti Asuhan Aisyiyah Putra Kasman di panti asuhan Putra Aisyah Sungai Penuh.

Dalam sambutannya Ketua Aisyiah Kota Sungai Penuh HJ Delina Matjudin yang difasilitasi oleh Pembina Panti asuhan Aisyiyah Putra Kasman  menyampaikan aspresiasi atas kunjungan Pengurus Muhammadiyah cabang Lima Kaum dan pengurus Asiyiah Tanah Datar dan memilih panti asuhannya sebagai tempat kunjungan studi banding.silaturahmi.

"Sejak berdiri tanggal 18 November 1952  sampai sekarang telah mengasuh dan menyantuni lebih 300 orang anak yatim/yatim piatu dan terlantar yang terletak di Desa Sumur  Anyir jalan  Thamrin no 19 Kota Sungai Penuh dan sejak  berdiri sampai tahun 1998 panti ini mengasuh  dan menyantuni anak putra putri namun sejak tahun 1998 sampai sekarang khusus dalam asrama Panti hanya menyantuni anak anak  putra saja," tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan sangat bersyukur dalam pembinaan dan pegembangan kepribadian, pembinaan aqidah, ibadah dan akhlak  serta penguasaan mereka terhadap alquran dan sunnah maupun pembinaan ilmu dan ketrampilan bagi anak serta berharap kedepannya anak panti juga bisa hapal alquran dan juga bisa mandiri dengan penambahan pendidikan ekstrakurikuler.

"Alhamdulilah untuk  pendanaan Panti,  bantuan yang kita  terima disamping bantuan dari infaq dan mesjid dan Mushala yang ada disungai penuh, bantuan sosial dari pemerintah Kota sungai penuh, pemerintah proponsi dan Kementerian sosial bantuan yayasan dharmais Jakarta dan usaha Ekonomi Produktif (UEAP) seperti bengkel sepeda motor, dan pembinaan yang kita lakukan terhadap anak anak asuh  dengan pola penetrapan pesantren (panti asuhan Islami)," ujarnya.

Menurutnya Hj Detlina Matjudin banyak anak anak asuhnya mendapat juara disekolah yang sekolah baik SD, SMP, SMA, selalu mendominasi juara I,II bahkan selalu meraih berbagai prestasi kejuaraan baik dalam bidang keagamaan maupun lomba yang diadakan antar PDM dan Aisyiyah.

"Sudah ada  anak hapal alquran sesuai dengan visi dan Misi kita  yaitu mengwujudkan lembafa kesejahteraan sosial anak (LKAA) yang islami terpecaya dan mandiri.  Karena itu konsep pembinaan yang kita lakukan lebih konfrehensip dan integral dan mereka dibimbing oleh pengasuh dan stafnya dalam suatu kehidupan panti yang lebih relegius," jelasnya.

Sementara itu Ketua PCM Lima Kaum Mustafa Akmal dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghagaan kepada pengurus Aisyiyah dan Ketua Pembina Panti yang telah menyambut kedatangan mereka untuk melakukan silaturahmi  ke Panti Asuhan Aisyiah Putra.

"Kami berharap melalui silaturahmi  dan kunjungan ini kami akan mendapatkan berbagai informasi dan masukan terhadap pembinaan pengelolaan panti asuhan yang kami bina  nantinya dan juga menyebutkan PCM lima Kaum memiliki amal usaha dua panti Muhammadiyah Putra dan Putri dan memiliki  30:30 orang dan mereka ditempatkan didua asrama putra dan Putri dan anak panti tersebut tidak saja berasal dari tanahdatar tapi juga berasal dari Lintau, Solok, Sijunjuang dan ada yang berasal dari Jambi dan pada umumnya anak kita tersebut berlajar di MTs Muhammadiyah Lima Kaum," urainya.

Mustafa Akmal juga menjelaskan, "Jumlah siswa kita di MTs Muhammadiyah lima kaum tercatat sebanyak 50 orang dan anak di sekolah ini sudah berlajar tatap muka. Disamping itu keunggulan sekolah kita anak didik juga kita berikan kegiatan Tahfidz dan sudah ada siswa kita yang hapal 1 juz sampai 3 juz bahkan tahun kemaren ada berapa orang siswa tamatan MTs Muhammadiyah diterima di MAN 2 Lima Kaum melalui jalur tahfidz dan PCM lima Kaum tahun lalu memperoleh Juara III tingkat sumbar," pungkas Mustafa Akmal.

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom