128 Orang Ikuti Pelatihan di BLK Lubuksikaping


Realitakini.com - Pasaman
.         
Acara pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I di aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja Lubuksikaping berlangsung   Senin (8/3). Dengan menerapkan dan menjalan kan protokol kesehatan, Pelatihan berbasis kompetensi, ini merupakan program  Kementerian Ketenaga Kerjaan

 Acara ini dihadir Bupati Pasaman yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Yuspi dan sekaligus membuka secara tersebut pada pukul 10.15 WIB . Hadir juga Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkab Pasaman Drs. M.N Susilo, MM, Kepala OPD, BUMN, BUMD Camat Lubuk Sikaping dan Kepala BLK Lubuksikaping Haryadi.

 Dalam laporannya  panitia pelatihan  yakni Kepala UPT BLK Lubuksikaping, Haryadi  menanyangkan profil kegiatan pelatihan di BLK yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, hingga video singkat para alumni dibeberapa negara seperti, Jepang, Malaysia, Brunei hingga di Batam, Kepulauan Riau yang sudah bekerja di Perusahaan dan Industri.

Acara pelatihan yang dikemas berbeda dari yang biasanya karean dalam keadaan pendemi covid -19 Bupati Pasaman dalam sambutannya, menyampaikan untuk menekan angka pengangguran dan mencetak calon-calon tenaga kerja terampil, pemerintah tengah mengupayakan berbagai hal. Salah satunya adalah menggelorakan fungsi pelatihan di balai latihan kerja (BLK).

 Lebih lanjut ia mengatakan ,” selain untuk mencetak generasi muda yang memiliki skill dan keterampil an menghadapi perkembangan globalisasi, pelatihan di BLK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri dan menciptakan wirausaha-wirausaha muda ,”katanya

"Kita harus semangat menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini, sebagaimana diketahui bahwa sudah banyak alumni BLK Lubuksikaping yang mampu menghadapi persaingan global bekerja di Luar negeri. 

Sedangkan Yuspi mengatakan,”keberadaan BLK Lubuk sikaping sebagai lembaga pelatihan pemerintah terus menerus konsisten dan komit dalam mencetak generasi generasi muda yang terampil,”kata Yuspi ,Diharapkan  seluruh peserta pelatihan harus serius, harus fokus mengikuti tata tertib dan aturan main, sehingga sesuai dengan standar pelatihan dan tentunya akan melahirkan hasil yang maksimal.

Semua para peserta yang ada di ruangan ini mendapat kesempatan untuk dilatih agar terampil, manfaa tkanlah dengan baik, agar mampu mengikuti jejak alumninya yang sudah bekerja diluar negeri seperti di Jepang, Malaysia, yang sudah kita tonton bersama tadi," Ujar Yuspi.

Disisi lain, Kadis Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perdaginnaker), M.N Susilo mengata kan dari tahun ketahun Balai Latihan Kerja Lubuksikaping terus meningkatkan kegiatan pelatihan PBK di UPT BLK Lubuksikaping.

Pemerintah Pusat, yakni Kemnaker RI kata M.N Susilo terus menerus melaksanakan pelatihan secara Nasional, UPT BLK Lubuksikaping dalam hal ini ambil bagian dan mewujudkan cita cita tersebut dalam upaya peningkatan Sumberdyaa Manusia.

 "Kegiatan ini merupakan program Kementerian dan Ketenaga kerjaan yang dialokasikan ke BLK Lubuksikaping," ujar M.N Susilo.Dijelaskan M. N Susilo, setiap siswa yang ikut pelatihan harus serius, sehingga dalam konteks pelatihan yang di ikuti oleh peserta dapat meningkatkan; Knowledge, Skill, Attitude( Nurman).


Post a Comment

Previous Post Next Post