Puskesmas Manggopoh Giatkan Program Skrening Berkala

 

Realitakini.com - Agam
Puskesmas Manggopoh giatkan program skrening berkala, di SDN 55 Batang Piarau . Program tersebut rutin dilaksanakan satu kali dalam setahun. Kamis,( 18/03).

Drg.Friska Meininda Putri, salah satu tim dari kegiatan tersebut mengatakan, bahwa, Skrening berkala merupakan deteksi dini untuk mengurangi risiko penyakit atau memutuskan metode pengobatan yang paling efektif. Tes ini tidak masuk dalam kategori diagnostik, tetapi digunakan untuk mengidentifikasi populasi yang diharuskan untuk menjalani tes tambahan untuk menentukan ada atau tidaknya penyakit.

Ada 32 sekolah, yang kita kunjungi dalam program ini. Yang mana dalam kegiatan ini,  kita dari puskesmas Manggopoh, melakukan pemeriksaan kesehatan peserta didik. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi Pemeriksaan kebersihan perorangan, Pemeriksaan status gizi, Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, Pemeriksaan kesehatan & ketajaman indera penglihatan pendengaran, Pemeriksaan kebugaran jasmani , Pendeteksiaan riwayat kesehatan keluarga, Pendeteksiaan riwayat kesehatan diri, Gaya hidup, Pemeriksaan kesehatan mental emosional serta Modalitas belajar & dominasi otak melalui kuesioner." Jelas Friska."

Apabila ditemukan suatu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka tindakan lanjut dari penjaringan kesehatan ini adalah dengan melakukan rujukan peserta didik ke Puskesmas Manggopoh. " Tutupnya".

Sementara itu, Nora Susanti, S.Pd, M,Pd, Kepala SDN 55 Batang Piarau, mengapresiasi langkah kerja yang telah di lakukan oleh Tim Skrening berkala Puskesmas Manggopoh. Terimakasih , atas pengabdian tugas yang dilaksanakan oleh tim medis puskesmas Manggopoh.( Aldi).

Post a Comment

Previous Post Next Post