Follow Us

header ads

Tim Safari Ramadhan Khusus Di Pimpin Bupati Pasaman Kunjungi Masjid An-Nur Kecamatan Bonjol

Realitakini.com --- Pasaman
Rombongan Tim khusus safari Ramadhan (TSR) yang dipimpin oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama, mengunjungi Masjid An-Nur di Jorong Biduak Nagari Ganggo Mudiak Kecamatan Bonjol, Selasa ( (27/04/2021)Pada kesempatan tersebut Bupati Pasaman di dampingi kepala SKPD, Kepala Baznas dan turut hadir Camat Bonjol, Wali Nagari se Kecamatan Bonjol dan kepala Jorong.

Pengurus Masjid An-Nur Ardiman dalam sambutannya mengatakan, Masjid An-Nur dibangun sejak tahun 1954 dan sampai sekarang masih memakai tonggak penyangga yang terbuat dari kayu, dan baru sekali direnovasi di tahun 1980.

"Kami bermohon kiranya Pemda Pasaman dapat memfasilitasi renovasi Masjid An-Nur dengan menggandeng donatur, karena secara aturan Pemda Pasaman tidak bisa memakai APBD untuk renovasi bangunan masjid, ungkap Ardiman.

Lanjutnya, Ardiman juga bermohon kepada  Bupati Pasaman, kiranya untuk dapat membangun irigasi di banda gadang  yang berada di belakang Masjid An-Nur ini yang merupakan kapalo banda untuk mengiri sawah di jorong Biduak, Kampuang Balimbiang, dan sampai Kampuang Alai, serta sebahagian Nagari Ganggo Hilia

Sementara itu Bupati Pasaman dalam sambutannya mengatakan, terima kasih dan apresiasi kepada Afnita,SSTP Camat Bonjol yang telah melaksanakan program dan kegiatannya yang sejalan dengan Visi Pemda Pasaman, yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat 

Terkait dengan harapan dari masyarakat yang disampaikan oleh Ardiman pengurus Masjid An-Nur tentang irigasi kapalo banda di Banda gadang, Benny Utama mengatakan bahwa pada tahun ini akan dilaksanakan pembangunan irigasi kapalo banda dengan dana 6,5 milyar.

Benny Utama meminta kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan fisiknya, dengan harapan pekerjaan tersebut sesuai dengan perencanaan awal, sehingga kualitas bangunan tersebut baik dan bisa dipergunakan dalam waktu yang lama.

Benny Utama juga menambahkan, terkait renovasi Masjid An-Nur, meminta pengurus untuk memulainya dan secara pribadi saya secara pribadi memberikan bantuan untuk renovasi Masjid An-Nur sebesar 10 juta rupiah nantinya.

Bupati Pasaman juga menyampaikan  informasi  tentang arah dan kebijakan pembangunan Kabupaten Pasaman tahun 2022-2026, bahwa dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Pasaman sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pasaman Tahun 2021-2026, Terwujudnya masyarakat Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat, kita bekerja keras, bersatu, saling bahu membahu untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk terlaksananya masyarakat Pasaman yang lebih baik, tentu dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Lanjutnya, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dan daya saing, maka Pemerintah Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Benny Utama-Sabar AS mengambil sebuah kebijakan untuk menggratiskan sekolah sampai tingkat SLTA/sedarat dengan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2022 dimana dana ini adalah murni dari APBD Kabupaten Pasaman yang nantinya akan ditransfer ke provinsi untuk mensubsidi dana SPP, dimana untuk tingkat SLTA/sederajad adalah kewenangan Provinsi dan pusat, sehingga di harapkan tidak ada lagi anak anak Pasaman yang putus sekolah.

Benny Utama  juga mengatakan bahwa, disamping kita membangun sumber daya manusia dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi kita juga membangun kualitas dan ketaqwaan  generasi muda Pasaman, dimana kita telah masukan dalam RPJMD Kabupaten Pasaman yaitu program gerakan seribu hafiz Qur’an, nanti akan di dukung dengan pemberian beasiswa berprestasi tafidz bagi anak anak Pasaman yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi

Untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat, Benny Utama akan menggratiskan biaya berobat bagi warga Pasaman yang kurang mampu/miskin, dengan syarat mempunyai KTP yang berdomisili di Kabupaten Pasaman. Dana tersebut berasal dari APBD Kabupaten Pasaman.

Pada kesempatan Safari Ramadhan  tersebut Benny Utama  menyalurkan zakat dari Baznas Kabupaten Pasaman kepada 10 orang jompo masing masing sebesar Rp.300.000,-, dan kepada keluarga kurang mampu sebanyak 10 KK dengan masing masing KK Rp.400.000,-, Bantuan dari BRI Cabang Lubuk Sikaping sebesar Rp.1.000.000,- untuk pembangunan Masjid An-Nur, dan bantuan 1 unit sound system dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman untuk Masjid An-Nur dengan nilai uang sebesar 10 juta rupiah.

Ustad Dr.Erwan, dalam tausiyahnya mengajak kaum muslimin dan muslimat jamaah tarawih untuk lebih meningkatkan membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan karena pahalanya akan berlipat ganda.

Ustad Dr.Erwan juga mengatakan bahwa membaca Al Qur’an tidak hanya diwaktu luang, tetapi kita hendaklah meluangkan waktu untuk membaca Al Qur’an.(Nurman)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom