Wako Solok ikuti pertemuan dengan kementrian terkait percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata

 

ReaLitaKini.Com - JAKARTA
Walikota Solok H. Zul Elfian Umar mengadakan Pertemuan pertama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Balairung KemenparEkraf, Jakarta, Selasa (13/04/2021)

Wako bersama beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat ikuti beberapa rangkaian kegiatan pertemuan dengan Kementerian yang difasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR-RI Andre Rosiade. 

Pertemuan tersebut terkait upaya percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dengan GERCEP (Gerak Cepat), GEBER (Gerak Bersama) dan GASPOL (Garap semua Potensi Unggulan) dengan menerapkan protokol kesehatan/CHSE.

Walikota memanfaatkan kesempatan tatap muka dengan Menpar tersebut untuk menyampaikan rencana program kegiatan yang menjadi mimpinya dalam pengembangan wisata Kota Solok yang sangat memerlukan sentuhan Pemerintah Pusat terutama dalam hal keterbatasan anggaran yang dirasakan daerah.

"Alhamdulillah, bersyukur kita dan terima kasih kepada Pak Menteri atas kesediaannya menerima kami, tentunya atas fasilitasi Pak Andre sehingga pertemuan ini ada," ungkap Wako

Kata Wako, pertemuan ini merupakan kesempatan yang luar biasa dan kesempatan baik bagi Sumatera Barat untuk menjalankan program kepariwisataan dan menjadi harmonisasi dalam sinkronisasi program pariwisata antara pusat dan daerah.

Dalam kesempatan itu, wako menceritakan sekilas target rencananya dalam pengembangan sektor wisata di Kota Solok, diantaranya pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dengan domenya, Kawasan wisata Sawah Solok, Batu Patah Payo dengan Agrowisatanya, Puncak Bidadari dengan Paralayang.

Beliau dalam laporannya, Wako meminta dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait rencana tersebut.

"Karena tanpa dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tanpa dukungan dari Pemerintah Pusat dan lembaga legislatif, daerah akan sangat terbatas dalam mewujudkannya" tutup Zul Elfian Umar.

Setelah itu lanjut pertemuan dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra di Ruang Pertemuan Kementerian Perdagangan RI Jl. M.I. Ridwan Rais Jakarta Pusat.

Diakhiri pertemuan dengan Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian  Kementerian PUPR di Gedung Bina Marga Ruang Rapat Besar DJBM lt 2.

Diakhr pertemuan di tiga Kementerian, Wako menyerahkan proposal permohonan dukungan pembiayaan atas program kegiatan yang telah direncanakan. (Siska)

Post a Comment

Previous Post Next Post