Jaga Kesehatan dan Imun Tubuh, Rindam XII/Tpr Gelar Senam Stimulasi Tingkatkan Imun


Realitakini.com - Singkawang,
Selain menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19, Rindam XII/Tpr juga melaksanakan langkah preventif lainnya agar peserta didik (Serdik) Rindam XII/Tpr terhindar dari Covid-19. Dimasa pandemi sekarang ini, sistem imun tubuh sangat berperan penting dalam melawan virus-Covid-19. Menyadari hal tersebut, Rindam XII/Tpr selalu melaksanakan tracking kesehatan terhadap seluruh Serdik.

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh Serdik agar terjaga dengan baik, Rindam XII/Tpr menerapkan senam stimulasi meningkatkan imun tubuh kepada  Serdik. Disela waktu istirahat dalam kegiatan latihan, Siswa Diktukba TNI AD TA 2021 melaksanakan senam stimulasi meningkatkan imun tubuh di Kompleks Daerah Latihan Rindam XII/Tpr yang dipimpin oleh Sertu Sularno, Bintara Jasmani (Bajas) Rindam XII/Tpr. Kamis (10/6/2021)

Gerakan pertama pada senam ini adalah dengan mengetuk titik kelenjar timus (terletak di tengah rongga dada/diantara paru-paru) menggunakan 3 jari kedua tangan secara bergantian sambil menarik nafas panjang dari hidung dan hembuskan lewat mulut. Langkah kedua adalah mengetuk titik meridian limpa (terletak di garis sisi luar dada) dengan cara ketukan yang sama dengan langkah pertama. Kelenjar timus dan limpa pada tubuh memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

"Senam stimulasi ini dilaksanakan secara rutin dipagi, siang, dan sore hari. Tentunya juga harus mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga dan selalu berpikir positif agar tidak stres. Dengan demikian sistem imun tubuh kita akan bekerja dengan baik dalam menangkal virus," ujar Bajas.

Ada beberapa cara untuk menjaga dan  meningkatkan imun tubuh, diantaranya adalah 
Senam yang dijadikan salah satu jenis olahraga untuk dianjurkan kepada  penderita sakit jantung agar daya tahannya kuat demi mencegah tertularnya COVID-19. (Penrindam/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post