Rindam XII/Tpr Kembali Pelopori Ketahanan Pangan di Bengkayang


Realitakini.com - Bengkayang,
Pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO (Satgas Apter Kodim 1705/Paniai) membantu warga masyarakat. Salah satu masyarakat yang dibantu yakni Supriyanto, warga Dusun Semano RT 03 RW 01, Samalantan, Kab. Bengkayang. Sabtu (12/6/2021)

Berbekal kesempatan yang diberikan oleh Rindam XII/Tpr dalam melatih kemampuan teritorial, Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO ikut menanam padi di sawah bersama Supriyanto guna membantu menyiapkan ketahanan pangan warga desa.

"Aparat Teritorial tidak hanya menjaga keamanan wilayah, tapi dalam kesehariannya mereka dituntut peduli dan memelopori kegiatan membantu masyarakat menghadapi kesulitan, hal inilah yang nantinya akan kami aplikasikan di wilayah Papua nantinya saat bertugas sebagai Apter Kodim" terang Mayor Inf Andreas, Pabung Pratugas Sat BKO.

Swasembada pangan sangat mempunyai andil besar untuk bangsa dan negara ini, sehingga Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO termotivasi untuk membantu warga menanam padi di lahan pertaniannya.

Hal ini diharapkan dapat membantu panen maksimal para petani nantinya. Di tengah pandemi Covid-19, petani harus mendapatkan bantuan ekstra agar tetap panen dengan hasil maksimal.

Pabung menyatakan, totalitas Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO membantu warga di tengah pandemi Covid-19 sudah teruji. Di tengah cuaca terik, mereka rela turun ke sawah dengan berseragam lengkap menanam padi di sawah. Apa yang dilakukan ini merupakan wujud empati dan kepedulian prajurit terhadap rakyat. Dengan harapan, petani dan masyarakat kecil memiliki cukup bahan pangan, khususnya padi.

Sementara itu, menurut Supriyanto petani pemilik sawah, ia mengatakan, keberadaan Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO di desa mereka sangat cukup membantu.

"Kami banyak dibantu Pak Tentara," ujar Supriyanto.

Dia menambahkan, Peserta Pelatihan Pratugas Sat BKO rela berkotor-kotoran dengan lumpur saat membantu di sawah. Sehingga, dia termotivasi agar lebih semangat. (Penrindam/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post