Walikota Solok Buka Pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi

 Realitakini.com-Solok  Kota 
Walikota Solok Zul Elfian Umar membuka langsung pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi Kota Solok, yang diikuti pengurus koperasi se-Kota Solok yang bertempat di Aula Hotel Taufina Kota Solok, Rabu(16/6/2021).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Solok, Narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam sambutannya, Walikota Solok mengajak seleuruh pengurus koperasi yang ada di Kota Solok harus mampu ikut seta meningkatkan  pertumbuhan ekonomi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

"Dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Solok pada saat ini, peran strategis koperasi sangat menentukan terutama ketika negara kita masih dilanda pandemi Covid-19," kata Zul Elfian Umar.

Lebih lanjut Zul Elfian Umar mengatakan, koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen, pengelolaan keuangan dan usaha yang sehat serta mandiri.

"Pelatihan penguatan kapasitas kelembagaan koperasi merupakan salah satu upaya nyata untuk meningkatkan penataan, pengontrolan dan pengendalian pencatatan laporan keuangan yang mengacu pada Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Peraturan Khusus (Persus)," terangnya.

Walikota Solok dalam kesempatan tersebut juga berpesan agar kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib, dan terarah sesuai dengan aturan akuntansi koperasi yang berpola sehingga dengan adanya manajemen pengelolaan administrasi yang dilakukan dengan baik, maka peningkatan dan pengembangan keberadaan koperasi akan mudah untuk dicapai.

"Kami berharap melalui kegiatan pelatihan ini, peserta nantinya akan mampu membenahi kelembagaan koperasi terutama bagi pengurus yang harus mengambil langkah cepat dalam penyusunan ART, SOP, Persus dan izin usaha koperasi. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi, baik untuk intern koperasi itu sendiri maupun bagi pemerintah daerah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pembinaan lebih lanjut," ucapnya.

Walikota Solok juga berharap setelah mengikuti pelatihan wawasan, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola koperasi akan semakin meningkat. Sehingga koperasi di Kota Solok bisa tumbuh dan berkembang secara sehat. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post