Kesadaran Meningkat, 13.539 Warga Agam Sudah Jalani Vaksinasi Covid-19


Realitakini.com-Agam

 Kesadaran masyarakat Kabupaten Agam untuk mendapatkan Vaksin Covid-19 kian meningkat. Total sebanyak 13.539 orang sudah melakukan vaksinasi, 6.770 orang di antaranya sudah menjalani vaksinasi dosis kedua.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Tri Pipo, S.KM, M.KM, pada Rabu (7/7).

Berdasarkan rekapitulasi vaksinasi Covid-19 Kabupaten Agam yang dihimpun pihaknya per 3 Juli 2021, total warga Agam yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama mencapai 13.539 orang.

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Agam menyasar lima golongan masyarakat, seperti tenaga kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat rentan dan masyarakat umum.

Dirinci lebih lanjut, tenaga kesehatan yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebanyak 1.620 atau setara 96,4 persen dari jumlah sasaran.

“Sedangkan tenaga kesehatan yang sudah vaksinasi lengkap atau sudah mendapatkan dosis kedua sebanyak 1.450 orang atau 86,3 persen,” sebutnya.

Petugas publik yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama tercatat sebanyak 7.932 orang. 5.000 orang di antaranya sudah menjalani vaksinasi dosis kedua.

Vaknisasi Covid-19 untuk lansia sudah menyasar 435 orang tahap dosis pertama, dan 206 orang di antaranya sudah menjalani hingga pembersian dosis kedua.

Masyarakat rentan yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama tercatat sebanyak 110 orang. Dari jumlah tersebut baru 4 orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Sedangkan masyarakat umum yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama sebanyak 3.442 orang, dimana 110 orang di antaranya sudah menjelani dosis kedua.

“Untuk vaksinasi masyarakat umum ini baru saja berlangsung beberapa hari lalu, jadi untuk mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunggu beberapa hari kedepan sesuai ketentuan yang ditetapkan,” terangnya.

Menurutnya kesadaran masyarakat Agam untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sudah mulai menunjukan peningkatan.

Jika ditotalkan, imbuhnya, warga Agam yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 sebanyak 13.539 orang, sedangkan total yang sudah vaksin kedua sebanyak 6.770 orang.

“Namun yang bisa dikatakan sudah melakukan vaksinasi lengkap adalah yang telah melakukan suntik vaksin dosis kedua,” ujarnya.(Aldi)

Post a Comment

Previous Post Next Post