Terjadi Kembali Lonjakan Kasus Covid- - 19, Sebanyak 159 Kasus


Realitakini.com-Agam

Kabupaten Agam hari ini terjadi lonjakan yang sangat tinggi warga terpapar virus Covd 19. Rabu, (28/7) penambahan yang luar biasa ini sebanyak 159 kasus positif, berasal 15 kecamatan di kabupaten Agam.

Penambahan tertinggi kasus covid-19 hari ini, mulai dari kecamatan Tilatang Kamang sebanyak 40 kasus, kecamatan Lubukbasung 27 kasus dan kecamatan Palembayan 16 kasus, kecamatan Tanjung Raya 12 kasus, kecamatan IV Koto 12 kasus, kecamatan Banuhampu 11 kasus, kecamatan Palupuah 8 kasus, kecamatan Baso 7 kasus, kecamatan Sungaipua 6 kasus, kecamatan Matur 5 kasus, kecamatan Baso 5 kasus, kecamatan Kamang Magek 4 kasus, kecamatan Canduang 3 kasus, kecamatan Tanjung Mutiara 2 kasus, kecamatan Ampek Nagari 1 kasus.

Hari ini, jumlah pasien sembuh masih relative lebih rendah dibanding penambahan kasus positif baru, yakni sebanyak 30 orang masing-masing dari kecamatan Lubukbasung 7 orang, dari kecamatan IV Angkek 22 orang, dan dari kecamatan Tilatang Kamang 1 orang.

Yang lebih memprihatinkan, hari ini angka kematian warga akibat keganasan covid-19 masih tinggi, yakni sebanyak 5 orang, masing masing berasal dari kecamatan Lubukbasung 2 orang, dari kecamatan Tanjung Raya 1 orang, dari kecamatan Banuhampu 1 orang, dan dari kecamatan Canduang 1 orang.

Kondisi itu dibenarkan Yosefriawan, plt.Kadinas Kesehatan yang mengaku kaget dengan masih tingginya angka penambahan kasus terkonfirmasi baru, yang justru didominasi wilayah kecamatan yang beberapa hari terakhir terlihat kasusnya mulai melandai.

Yosefriawan, menjelaskan,dengan penambahan 159 kasus positif baru itu, total kasus positif di kabupaten Agam melambung menjadi 5.764 orang, dengan kasus aktif 1.592 orang, pasien sembuh 4.023 orang dan meninggal dunia 149 orang.

Asisten II Sekab.Agam itu menambahkan, dari total 1.592 kasus aktif saat ini, tercatat sebanyak 77 orang menjalani perawatan di beberapa rumah sakit dan 1.515 orang menjalani isolasi mandiri, dengan potensi baru suspek 115 orang, probable 6 orang dan kontak erta 237 orang.

Dari data ini, ulas Yosefriawan, potensi penambahan kasus terkonfirmasi baru masih sangat tinggi sehingga dibutuhkan kerja keras dan peran maksimal dari masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus corona itu, “ selalu pakai masker, jaga jarak aman dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Peran warga menyelamatkan kita semua, “ pungkas nya.(Aldi).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama