Tim Penggerak PKK Pasaman Raih Prestasi Lomba Jambore Tingkat Sumatera Barat

Realitakini.com --- Pasaman                    Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Pasaman, berhasil menyabet empat juara, dari lima kategori penilaian  yang diselenggarakan TP. PKK Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Sementara, dalam ajang lomba jambore tingkat ProvinsiSumatera Barat yang berlangsung di Kota Pariaman, kontingen jambore PKK Pasaman, dipimpin langsung Ketuanya Ny. Susi Benny Utama, kembali menggondol banyak prestasi dan piala.

"Alhamdulillah, kader PKK Pasaman mampu berprestasi bagus di tingkat Provinsi Sumatera Barat, dan ini menjadi motivasi bagi seluruh pengurus dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK di Kabupaten Pasaman," ujar Ny. Susi Benny Utama, di sela-sela acara lomba jambore di Pantai Kata, Pariaman. 

Dijelasan, tahun 2021 ini TP. PKK Pasaman mengusung Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, untuk dinilai tim Provinsi Sumbar dalam pelaksanaan 10 program PKK di nagari dan kelurahan.

"Dari lima objek penilaian, empat diantaranya Pasaman berhasil menang, bersama enam daerah lainnya untuk setiap objek penilaian," ujar Ibu Susi.

Ketua panitia pelaksana jambore PKK Provinsi Sumatera Barat, Dr. Ernawati, SPOg, yang ditemui dilokasi jambore, menyebut bahwa kegiatan tahunan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, sekaligus mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Sumatera Barat, 

"Kita mengadakan penilaian lomba kegiatan PKK dari tanggal 24 Mei sampai 18 Juni 2021 lalu, di masing-masing daerah kabupaten kota," ujar Dr. Ernawati.

Tentang kegiatan jambore PKK yang berlangsung mulai Selasa (6/7) hingga penutupan Kamis (8/7), Ketua panpel Dr. Ernawati menjelaskan bahwa tujuannya selain ajang silaturahmi juga untuk penyemangat bagi ibu-ibu pengurus PKK di seluruh kabupaten/kota, karena selama ini sudah berbuat dan bekerja bagi masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Ada kegembiraan selama jambore dan banyak reward yang dibagikan buat peserta yang mengikuti lomba serta kuis," ujar Ketua bidang IV TP.PKK Provinsi Sumbar ini.

Disampaikan juga, sekaitan jambore di tengah wabah pandemi Covid-19, panitia bertegas-tegas terhadap seluruh peserta. 

"Peserta jambore harus swab terlebih dahulu, atau melakukan rapid antigen. Jika tidak, maka tidak boleh ikut jambore," jelas Dr. Ernawati.

Turut disampaikan, selama jambore tidak dibolehkan ada kerumunan selama kegiatan, dan peserta dibagi sesuai kelompok Kabupaten/Kotanya masing-masing. 

"Protokoler kesehatan 6 M kita jalankan dengan ketat disini," sebutnya lagi.

Tampak kegembiraan selama jambore, dan masing-masing pengurus TP. PKK saling unjuk kebolehan. Ada reward tambahan yang berasal dari seluruh OPD Kota Pariaman, bagi peserta yang berhasil memjawab pertanyaan kuis dari panitia.

Turut serta dalam kegiatan jambore, Ketua TP. PKK Pasaman, Wakil Ketua Ny. Deni Sabar AS, Sekretaris Ny. Masrida Mara Ondak, para ketua bidang dan pengurus TP.PKK Kabupaten Pasaman. 

Tahun ini, TP. PKK Pasaman berhasil juara dalam penilaian lomba Tertib Administrasi, lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital, lomba UP2K, dan Lomba AKU Hatinya PKK. Sementara penilaian Keluarga Gagah Bencana, Pasaman belum berhasil.

Khusus lomba di ajang jambore, TP PKK Pasaman berhasil juara 1 Barisan Ter-rapi, juara 1 penilaian Cepat Datang,
juara 1 lomba Outbond dan 
juara 2 lomba Memakai Atribut.

Hingga berita ini tayang, dua lomba lagi, yakni lomba yel-yel PKK dan lomba ekspose nagari bidang sekretaris, masih berlangsung di panggung terbuka Pantai Gondoriah. 

Pada acara penutupan sore nanti, akan diumumkan Juara Umum Jambore PKK Tingkat Sumatera Barat tahun 2021.(Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama