Walikota Solok Buka Pelatihan Dan Pembuatan Pupuk dan Pakan Ternak Organik Berbasis Sumber Daya Lokal

Realitakini.com-Kota Solok 
Walikota Solok Zul Elfian Umar membuka kegiatan Pelatihan dan Pembuatan Pupuk dan Pakan Ternak Organik Berbasis Sumber Daya Lokal, di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok, Kamis (21/7/2021). 

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Reti Wafda, Kepala Balitbang Kota Solok Marwis, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa, serta para peserta.

Dalam sambutannya, Walikota Solok menyampaikan penghargaan, apresiasi dan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Kepala Balitbang Propinsi Sumbar serta Narasumber Pelatihan Pembuat an Pupuk dan Pakan Ternak Organik Berbasis Sumber Daya Lokal, yang telah berkenan mengadakan acara ini.

"Sehingga diharapkan nantinya, para peserta yang merupakan petani dan peternak di Kota Solok, dapat meningkatkan pengetahuannya dalam mengolah bahan-bahan organik menjadi pupuk serta pakan ternak," kata Zul Elfian Umar. 

Lebih lanjut Walikota Solok mengatakan, acara pelatihan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang positif dalam pengembangan sektor pertanian di Kota Solok, terutama dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas keilmuan para petani dan peternak di Kota Solok. 

"Disamping itu juga, pelatihan ini berguna untuk menggali potensi sumber daya lokal yang tersedia disekitar kita, sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam peningkatan produktifitas hasil pertanian dan perternakan, tanpa harus bergantung pada pupuk kimia atau pakan ternak yang berbiaya mahal," sebutnya. 

Penggunaan pupuk organik, imbuhnya, selain dapat memperbaiki struktur tanah juga dapat meningkat kan produktivitas lahan di Kota Solok. Penggunaan tumbuhan-tumbuhan sebagaimana disampaikan di atas, tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak organik yang komplit. 

"Pakan ternak organik ini mempunyai efektifitas yang sangat tinggi, praktis dalam pemberian pakan ternak serta yang utama adalah terpenuhinya kebutuhan gizi bagi ternak. Keuntungan lain yang di dapat adalah, lebih terjaminnya ketersediaan bahan pakan karena mudah dalam penyimpanannya," paparnya.

Tentunya hal tersebut, dilanjutkannya, sangat sejalan dengan tujuan Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam meningkatkan kesejahteraan petani, dan peternak untuk meningkatkan taraf kehidupan dan kemampuan ekonomi yang lebih baik, maju dan berkembang secara simultan (Sustainable), dengan cara pemanfaatan seluruh potensi yang ada di Kota Solok.

"Pelatihan ini nantinya dapat memberikan masukan bagi petani, dan peternak kita untuk mengurangi ketergantungan pemakaian pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik apabila dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, maka akan menguntungkan petani karena dapat memperbaiki sifat dan meningkatkan kesuburan tanah," tuturnya. 

Dari segi penggunaan bahan organik untuk pakan ternak, diterangkannya, juga akan memberikan kontribusi yang besar bagi peternak, karena bahannya mudah diperoleh dan dapat disimpan lama, rendah unsur hara sintetis, biomassa, dan energi.

Walikota Solok juga mengajak, agar semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin dan penuh keseriusan. Ia juga berharap agar petani dan maupun peternak, kedepannya dapat bersinergi dengan baik dalam rangka meningkatkan produktivitas, dan kapasitas yang mampu memanfaatkan potensi lokal yang ada sehingga mampu mandiri dan sejahtera. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post