Wabup Buka Pelatihan Website Pengelolan Nagari Tageh Di Batipuh


Realitakini.comTanah Datar                                -Mahasiswa KKN Unand Padang Gandeng Perguruan Silat Taduang Bangkeh Yayasan Annur Rahman Batipuh  Dan STIMIK Padang menggelar pelatihan pengelolan Website Nagari Tageh tingkat Kecamatan Batipuh, Kamis (19/08/2021) di Perguruan Silat Taduang Bangkeh Ladang Laweh, Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuh kabupaten Tanah Datar.

Wakil Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Kominfo Drs Abrar membuka pelatihan didampingi Ketua STMIK Indonesia Dr. Masyhuri Hamidi, dan dihadiri  Pakar IT yang juga dosen STMIK Indonesia Karfindo, M.Kom, Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh  Yayasan Annur Abdul Rahman Mustafa Akmal Dt Sidi Ali, PJ Wali Nagari Yulia Wastini, Mahasiswa KKN Unand  dan peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Drs Abrar,  memberikan aspresiasi kepada Mahasiswa KKN Unand yang sedang melaksanakan KKN sudah melakukan kerjasama dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh .

"Kita berikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN Unand yang sudah bekerjasama dengan Yayasan Annur Abdul Rahman Batipuh sebagai penggagas  kegiatan ini dalam bentuk Pengelolaan website Nagari Tageh," katanya

Abrar juga menambahkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat telah melahirkan beragam inovasi yang memudahkan kehidupan manusia dan untuk menjawab itu pula saat  ini  upaya Pemkab Tanah Datar mengembangkan program jaringan internet, layanan digital, dan urusan berbasis online, ternyata masih banyak juga nagari yang belum memiliki website sendiri.

"Informasi kini sudah berada di ujung jari. ‘’Tinggal klik dan praktis. Sekali ujung jari digesek ke layar, muncul beragam menu informasi yang siap pilih,’’  Melalui kekuatan melalui website ini memungkinkan setiap orang di belahan bumi manapun mengetahui tentang aktivitas ataupun produk dan layanan dari organisasi-organisasi yang kita lakukan memiliki   untungan satu sama lain minimal dengan adanya website," sampai Abrar.

Untuk itu menurut Abrar Pemkab Tanah Datar siap untuk mendukung dan memfasilitasi pengembangan website nagari dan akan berupaya menjalin kerjasama dengan semua pihak terkait, termasuk STMIK Indonesia.

"Bila sudah ada ikatan kerjasama resmi, kita akan menindaklanjuti di lapangan, sampai dengan terwujudnya website yang update dan informatif di 75 nagari yang ada," jelasnya

Sementara itu  Ketua STMIK Indonesia Dr. Masyhuri Hamidi yang juga merupakan putra daerah Batipuh, menyambut baik kerjasama kerjasama Mahasiswa KKN Unand Padang dengan Perguruan silat Taduang Bangkeh Yayasan Annur Abdul Rahman Batipuh yang telah memprakasasi kegiatan Mahasiswa KKN.

"Sebagai Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN Unand Padang di Kecamatan Batipuh  selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bisa memberikan terbaik untuk kampungnya dan salah satu diantaranya yang mereka temukan banyak nagari yang belum memiliki website dan jika ada website Nagari tapi belum terkelola dengan optimal sehingga kita harapkan latihan ini akan mampu menjawab kebutuhan yang diinginkan nagari nantinya dan kita siap untuk terus memberikan pembekalan kepada admin Nagari," ujarnya.
 
Sementara itu Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Perguruan silat Taduang Bangkeh Yayasan Annur Abdul Rahman Batipuh Mustafa akmal Dt Sidi Ali dan Ketua Pelatihan  Mahasiswa KKN Unand Padang Riry  Riri Maryosel menjelaskan, tujuan utama dari pelatihan adalah memotivasi jajaran pemerintahan nagari dan kecamatan agar memiliki website yang menarik, informatif, dan memanfaatkan teknologi informasi sebaik-baiknya untuk peningkatan pelayanan publik.

"Nagari memang perlu kita berdayakan dalam mengelola website dan media sosial. Para perantau senantiasa membutuhkan informasi cepat dan terpercaya dari kampung halaman masing-masing. Website inilah media tercepat dan luas jangkauannya sehingga kita juga berterima kasih kepada Ketua STIMIK Indonesia yang telah melakukan kerjasama dan menghadirkan nara sumber dari STIMIK untuk memberikan pelatihan," pungkas Mustafa Akmal Dt Sidi Ali (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama