Bupati Rusma Yul Anwar Serahkan Bantuan Perahu Jukung Kepada Kelompok Nelayan

Realitakini.com--Pesisir Selatan 
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, melakukan penyerahan bantuan perahu jukung di bawah 5 GT, beserta perlengkapan sebanyak 14 unit.Penyerahan bantuan kepada masyarakat kelompok nelayan, Rabu (1/9) bertempat di Rusun Kampung Muaro Painan, Nagari Painan Selatan itu, juga dihadiri Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Mimi Riarti Zainul, dan beberapa pejabat eselon II dan III lainnya di jajaran Pemkab Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, saat melakukan penyerahan bantuan itu menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan kepada kelompok nelayan pada beberapa kecamatan itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2021.

Dalam kesempatan itu dia berharap kepada masyarakat kelompok nelayan penerima manfaat agar bisa menggunakan bantuan itu dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.  

"Sebab dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, tidak semua kebutuhan masyarakat bisa terjawab, termasuk juga kebutuhan masyarakat nelayan. Dari itu manfaatkanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan perekonomian keluarga," katanya.

Hal itu disampaikannya, karena Keberlanjutan bantuan tergantung kepada masyarakat sendiri dalam memanfaatkannya."Yang pasti bantuan ini tidak boleh diperjualbelikan. Ini harus diingat. Jadi kesuksesan bantuan ini harus menjadi perhatian, sebab akan berpengaruh terhadap bantuan-bantuan berikutnya," ingat bupati.

Selain itu bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan tercapainya bantuan itu."Kebersamaan dalam berkelompok juga harus tetap dijaga. Saya juga meminta kepada Dinas Perikanan agar bisa mencari berbagai program yang ada di Kementrian Perikanan, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," pintanya.

Kepala Dinas Perikanan Pessel, Andi Syafinal, menjelaskan bahwa selain menyalurkan bantuan perahu jukung dan perlengkapan, selama tahun 2021 Pemkab Pessel melalui Dinas Perikanan juga telah melaksanakan beberapa program lainnya.

"Sedangkan untuk jenis bantuan perahu jukung dan perlengkapan yang disaluran hari ini, total anggarannya mencapai Rp 1.120.000.000, dengan sumber DAK bidang Kelautan dan Perikanan," katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa 1 unit chest freezer, kepada kelompok pengelolah cita rasa lokan, Nagari Tigo Sungai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, serta juga kepada koperasi perikanan Suci Samudera Nagari Air Haji Barat, dengan total dana sebesar Rp 17.100.400 pula.

"Hari ini kita juga menyalurkan 3 unit SPG roda tiga kepada Koperasi Karya Utama Nelayan, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai. Bantuan yang berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi ini,bersumber pula dari APBD Provinsi Sumbar," timpalnya.( kmf/RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama