Miliki Potensi Wisata, Sekdako Solok Tinjau UPT BBI Sarasah Aia Batimpo

Realitakini.com-- Kota Solok
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Solok Syaiful A, bersama Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Jefrizal serta Plt. Kadisdukcapil Bitel, meninjau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Sarasah Aia Batimpo, Kelurahan Laing Kota Solok, Sabtu (4/9/2021).

UPT BBI Sarasah Aia Batimpo ini selain tempat budidaya ikan, juga memiliki potensi untuk dikembang kan sebagai tempat wisata keluarga. Seperti Ground Camping, kolam pancing keluarga, arena bermain anak dan beberapa wahana lainnya dengan 
mengangkat konsep agrowisata.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kota Solok melalui UPT BBI Sarasah Batimpo mulai merintis peluang usaha ikan hias berupa ikan koi (cyprinus rubrofuscus), karena memiliki potensi ekonomi yang cukup menjanjikan.

Kepala Dinas Pertanian Ikhvan Marosa di Solok, mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang promosi usaha ikan hias yang dihasilkan UPT BBI, serta diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Menurut dia, salah satu jenis ikan hias air tawar yang disukai masyarakat ialah ikan koi. Ikan Koi me miliki kelebihan, seperti bentuknya yang bagus, ornamen yang indah, berwarna cerah, harga yang mahal, jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Seringkali ikan ini dianggap varian dari ikan mas (cyprinus carpio), padahal secara genetik keduanya ber beda. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan di dalam rumah dan taman.Karena ikan koi berkerabat dengan ikan mas, oleh sebab itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.Ia juga mengatakan sebagai unit teknis pembibitan perikanan di Kota Solok, UPT BBI Sarasah Batimpo mulai merintis peluang usaha ikan hias yang berasal dari Jepang ini. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama