Surau Tempat Belajar Agama Dan Belajar Adat


Realitakini.com Tanah Datar                              -Museum Istano Basa Pagaruyung memiliki benda-bendai peninggalan masa kerajaan Pagaruyung yang disebut dengan artefak disamping itu juga memiliki peninggalan dalam bentuk bangunan.

Ketika memasuki kawasan museum kita akan menjumpai Rangkiang di halaman rumah gadang dan disamping kanan kita akan menemukan bangunan Mushallah yang disebut surau yang juga menggunakan atap dengan bahan ijuk.

Surau adalah bentuk kearifan lokal budaya masyarakat Minangkabau yang sangat kental dengan agamanya. Surau adalah bagian dari sistem adat dentik dengan sarana pendidikan terutama pada bidang agama disampingi.

Surau identik dengan agama karena disana lah putra-putri kerajaan dan anak-anak  diajarkan dengan ilmu agama, belajar membaca Al-Quran, seni dan artinya. jika di pesantren muridnya disebut dengan santrikalau di surau disebut dengan pokieh (orang yang minta ilmu).

Surau dalam komplek Museum Istano Basa Pagaruyung dulunya berfungsi untuk mengajarkan ilmu agama kepada putra dan putri keluarga kerajaan untuk diharapkan bisa jadi pemimpin yang lebih mengerti tidak saja masalah adat tapi juga ilmu agama.

Fungsi Surau tempat mengaji atau belajar ilmu agama juga belajar ilmu adat. yang tujuannya untuk dihayati dan diamalkan serta di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Mengaji adat.
Apa adat itu, apa isi adat itu untuk apa adat itu  adat adalah sebagaimana yang dikatakan pepatah hukum adat" sawah bapamatang ladang bamintalak balain minyak Jo aie indak Samo tapuang Jo dadak) Yang mengandung arti manusia dengan hewan mempunyai perbedaan yang sangat tajam.

Untuk itu dalam kesehariannya masyarakat Minangkabau selalu menyerahkan anak-anaknya untuk belajar di surau untuk mendapatkan ilmu dari sedini mungkin.

Karena dalam pelaksanaan berkehidupan selalu bersendi pada Agama sesuai dengan Filosofinya Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang berati segala bentuk keputusan atau pemberlakuan berdasarkan Al Qur'an.

Surau yang ada di Museum Istano Basa Pagaruyung memiliki bedug yang yang dinamakan Tabueh yang berguna untuk memberitahukan kepada masyarakat waktu sholat atau ada sesuatu pemberitahuan yang penting kepada masyarakat. (M)


Penulis Mailis

Sumber
-Sutan Syahril Amga Tokoh adat
-wikipedia
-Basyir Dt Bungsu Tokoh adat


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama