WTP Selama 5 Tahun, Kota Solok Terima Penghargaan Dari Menkeu Sri Mulyani

Realitakini.com- Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar, didampingi Inspektur Kota Solok Kenfilka dan Kepala Badan Keuangan Kota Solok Novirna Handayani menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi, dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 dan Pemberian Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut–turut selama 5 tahun. Bertempat di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok, Selasa (14/09/2021). 

Acara dengan mengangkat tema "Bangkitkan ekonomi pulihkan negri, bersama hadapi pandemi" ini di buka langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, sekaligus diumumkan bahwa Kota Solok bersama 16 Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat (Sumbar) lainnya memperoleh WTP 5 kali berturut-turut. 

Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah melakukan sinergi kuat didalam mewujud kan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel, dan transparan. Menurutnya, peningkatan yang terjadi menunjukkan indikator semakin meningkatnya tata kelola termasuk pengelolaan barang milik daerah, juga menjalankan fungsi dan tugas serta tanggung jawab pemerintahan. 

"Saya sangat apresiasi dan memberikan penghargaan kepada seluruh kepala daerah yang terus menjaga tata kelola keuangan negara, karena ini adalah bagian tugas kita. Semoga langkah yang dilakukan diridhoi Allah, bukan sesuatu yang mudah untuk mencapai WTP, karena yang kita gunakan adalah dana publik dan harus kita gunakan dengan baik. Kalau masih ada lembaga yang masih belum meraih WTP, kita berharap dapat ditingkatkan lagi laporannya sehingga memperoleh WTP," harap Sri Mulyani.

Dikatakan Menkeu, Kementerian, lembaga dan Pemda harus mampu mengelola keuangan serta barang negara sesuai dengan fungsinya, apalagi ditengah pandemi Covid–19 saat ini. Selain itu, juga harus bisa mengawasi penggunaan anggaran agar tepat sasaran.

"Selama pandemi ini terjadi recofussing bahkan sampai 4 kali. Saya ucapkan terima kasih kepada lembaga dan pemerintah daerah yang terus melakukan adjustment, karena covid ini tidak bisa dipredikasikan," ucapnya. 

Usai Sambutan, Sri Mulyani menyerahkan penghargaan WTP serta Launching Buku "Mengawal Akuntabilitas PC PEN" secara virtual, dan dilanjutkan dengan Talkshow bangkitkan ekonomi pulihkan negri, bersama hadapi pandemi. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post