Baznas Tanah Datar Launching Balai Ternak Balimbing Saiyo


Realitakini.com Tanah Datar                               -Badan Amil Zakat Nasional Tanah Datar Launching Balai Ternak Baznas Balimbing Saiyo, oleh  Baznas RI,  Minggu (03/10/2021) di Jorong Kinawai Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat.

Hadir dalam  Launching Balai Ternak Baznas tersebut Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Pertanian Yulfiardi, Kepala Baznas RI diwakili wakil ketua II Baznas RI Saidah Makwan, Kepala Baznas Sumbar di Wakili Asrianto  Kepala  Permata Bank Syariah Herwin Bustaman, Kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah, Camat Rambatan Ikrar Pahlevi, Walinagari, kepala jorong, pengurus Baznas serta masyarakat penerima bantuan ternak.

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis pertanian Yulfiardi menyampaikan atas nama pemerintah daerah mengucapan selamat datang kepada rombongan Baznas Pusat  dan menyampaikan bahwa Tanah Datar perekonomian tergantung pada pertanian kontribusi pertanian sekitar 29,81%. 

"Tanah Datar memiliki 5,3% KK miskin atau sekitar 17 ribu penduduk miskin  dan 5,4% dari KK miskin itu perekonomiannya dari pertanian jadi sangat lah tepat Baznas menyalurkan bantuan kepada masyarakat petani dalam rangkah peningkatan  Mustahik menjadi muzakih dan diharapkan nantinya bisa berkembang, untuk itu atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Baznas Tanah Datar atas programnya dalam memberikan percontohan untuk peningkatan perekonomian masyarakat," sampai Yulfiardi.

Sementara itu dalam Sambutannya Kepala Baznas RI diwakili Ketua II Baznas RI  bidang pendistribusian dan perdayagunaan yaitu Saidah  sakwan MA, menyampaikan  Baznas sudah melakukan kerjasama selama dua tahun dengan Bank permata Syariah sebagai penyandang Dana.

"Baznas mempunyai visi menjadikan lembaga utama mensejahterahkan umat, di Baznas pusat kita punya data Mustahik nomor Induk  24,7 juta setelah Covid-19 data Mustahik menjadi 107,3 juta sementara itu untuk tanah datar masih ada lebik kurang 100 ribu data Mustahik yang akan di urus Baznas Tanah Datar, beradasarkan penyampaian pemerintah Tanah Datar," urai Saidah Makwan.

Bantuan untuk Balai Ternak Balimbing Saiyo merupakan titipan dari muzaki- muzakih yang dikelolah dan didistribusikan oleh bank permata syariah diharapkan bisa dikembangkan oleh mustahik dan bisa menjadikan kesejahteraan bagi mustahik di daerah tersebut.

Sementara itu kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan bahwa program balai ternak merupakan yang pertama di Sumatra barat setelah melakukan lobi permohonan ke Baznas pusat dan dikabulkan Baznas RI dengan bekerjasama dengan Bank Permata Syariah.

"Kita punya target tiga tahun dibalai ternak ini untuk mengembangkan Mustahik menjadi muzakih kita akan perbaiki penerima, untuk penerima awal sebanyak 15 penerima bantuan yang nantinya menjadi 45 penerima dengan penyaluran dan Rp. 718.001.850 dari Bank Permata Syariah dan 250 juta dana yang disediakan Baznas Tanah Datar untuk dikembangkan di balai ternak Balimbing Saiyo," tutup Yasmansyah kepala Baznas Tanah Datar. (M)

Post a Comment

Previous Post Next Post