Konservasi Penyu Jadi Alternatif Menteri Sandiaga Berdayakan Warga Serang Blitar

Realitakini.com- Blitar. 
 
Salah satu kegiatan dalam Kunjungan Kerjanya di Desa Wisata Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melepaskan anak penyu atau tukit ke laut luas. 

Sebagai salah satu pengembangan potensi wisata yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, Sandiaga memberi mesin pompa air sekaligus toren air untuk konservasi penyu atau tukik. 

"Pompa ini diharapkan bisa membantu untuk konservasi tukik, jadi tidak perlu ditimba lagi dengan ember atau gayung," jelasnya, Sabtu (16/10/2021). 

Sandiaga melanjutkan, salah satu keberlangsungan ekosistem laut adalah dengan pelestarian mahluk laut. 

Seperti yang dilakukan warga Desa Wisata Serang, yang menjadikan desanya sebagai lokasi konaervasi tukik atau bayi penyu. Konservasi penyu selain menjadi daya tarik wisata melainkan juga menciptakan lapangan kerja dimana masyarakat bisa diberdayakan. 

"Jadi apapun potensinya manfaatkan dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat semuanya," tukasnya. 

Pengelola desa Serang mengakui, sejauh ini walaupun masih kurang dukungan dalam hal pembinaan dan sarana prasarana karena selama ini pengisian air laut untuk tukik masih menggunakan ember dan gayung.  Walaupun begitu, masyarakat tetap melakukan konservasi tukik guna pelestarian ekosiatem laut. 

Diakhir kunjungan, Mas Menteri diberi kesempatan untuk melepaskan tukik atau bayi penyu ke lepas pantai Serang, Blitar.(adv/ kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post