Sudah Miliki Gedung Sendiri, SDIT Dan SMPIT Brilliant Batusangkar Diresmikan Gubernur


Realitakini.com Tanah Datar                              -Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Brilliant Batusangkar, Selasa (26/10/2021) di Kampus Brilliant Jl. Sumagek Ujuang (Simp. Jarani) Balai Batu Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat.

Dengan memiliki gedung sendiri yang representatif. Lembaga pendidikan yang berbaris agama Islam dan punya program unggulan tahfizh Alquran. Menurut gubernur kalau serius memikirkan pendidikan maka kita akan maju.

“Dulu negara tetangga Malaysia belajar kekita, karena mereka serius dengan pendidikan, saat ini kita yang belajar ke Malaysia," ucap Buya Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi konsep pembelajaran yang diterapkan brilliant ini adalah pendidikan yang berkarakter, sikap dan nilai-nilai yang hidup dalam kesehariaannya, sehingga menjadi jati diri dan inilah tujuaan pendidikan yang sebenarya.

“Itu semua ada dalam nilai dan ajaran Islam, dari itu Brilliant mencetak tamatan-tamatan seperti tingkatan SD hafal 3 juz dan SMP hafal 10 juz dan ini tentunya hal yang positif dan ini juga sesuai dengan kebijakan Pemkab Tanah Datar, satu rumah satu hafizh dan hafizah, mudah-mudahan apa yang dihadirkan Brilliant menjadi bahagian dalam rangka menjawab keinginan Pemerintah Tanah Datar,” tambahnya.

Beliau juga menambahkan hal itu tentu juga harus didukung oleh bangunan gedung sekolah, seperti brilliant yang saat ini diresmikan sudah memiliki gedung yang representatif dan tidak jauh dari pusat Kota Batusangkar.

Gubernur juga minta pada yayasan dan pihak sekolah untuk memperhatikan ketersediaan air bersih karena ini penting mengingat lamanya siswa maupun tenaga pendidik berada dilingkungan sekolah.

Mahyeldi juga berpesan agar yayasan juga dapat menjaga perasaan guru, jangan sampai ada guru ketika mengajar tidak tercipta suasana kondusif, karena mengajar itu bukan sekedar transfer ilmu namun juga melalui hati. Dan jangan sampai kualitas sekolah swasta sama dengan sekolah negeri karena itu aka ditinggalkan.

“Semoga Allah.SWT memberikan kebaikan untuk kita semua dan brilliant betul-betul melahirkan tamatan yang brilliant dan memberikan kontribusi terbaik untuk Tanah Datar, Sumatera Barat dan Bangsa Intonesia, “tutup Buya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadis Pendidikan Tanah Datar Riswandi dalam sambutan yang dibacakannya dikatakan jika SDIT/SMPIT Brilliant Batusangkar sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya sarana dan prasarana.

“Saya mengajak kita semua untuk berpartisipasi membangun kualitas pendidikan yang maksimal dalam rangka menyongsong era baru bagi anak-anak kita dan menjadikannya mampu berkompetisi tanpa kehilangan wajah budaya dan moral, “ucapnya.

Disampaikan Riswandi, patut disyukuri bersama dengan telah dibangunnya gedung SDIT/SMPIT Brilliant yang representatif, dan dilengkapi dengan sarana dan prasarananya sehingga diharapkan interaksi proses belajar mengajar lebih maksimal dan inti dari itu semua sebagai tata kelola yang baik dapat dicapai.

“Gedung yang dibangun ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak dioptimalkannya pemakaiannya, serius dalam perawatannya, hati-hati dalam penjagaannya begitu juga dengan ruang pendukung lainnya ditata dengan baik, akan sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik tentu akan merusak keindahan dan memberi kesan negatif terhadap pembelajaran, “ujarnya.

Dalam sambutan itu juga disampaikan, agar Camat, Forkopimca, Wali Nagari, Komite Sekolah, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuka Masyarakat, serta Tokoh Pendidikan di Kecamatan Lima Kaum dapat mensinergikan peranya dalam menindak lanjuti pembangunan pendidikan di Kabupaten Tanah Datar.

“Untuk memajukan pendidikan di Brilliant Batusangkar mari kita berdayakan seluruh sumber daya yang ada baik yang berada dikampung halaman maupun yang berada di luar Tanah Datar,”pungkasnya.

Sebelumnya Pimpinan Yayasan Insan Mulia Berilmu Yos Rizal menyampaikan pada saat peresmian gedung baru tersebut juga digelar lomba Cerdas Cermat tingkat SD se- Provinsi Sumatera Barat dan ini merupakan agenda tahunan Brilliant dan sudah memasuki tahun kelima.

“Sekolah kita berdiri semenjak tahun 2012 yang lalu dan saat ini juga sudah berdiri SMPIT Brilliant dan siswanya sudah kelas IX, diawal berdiri SDIT Brilliant mengontrak gedung selama 6-7 tahun dan ditambah lagi mengontrak di depan Masjid Muhammadiyah selama 6 tahun dan 3 tahun terakhir ini yayasan berinisiatif membeli tanah seluas 5.500 meter persegi dan mendirikan bangunan sekolah yang saat ini kita resmikan,”tuturnya.

Untuk visi dan misi sekolah dikatakan Yos, bertekat untuk menciptakan lulusan yang cerdas dan berkarakter, cerdas secara umum dan cerdas dalam ilmu agama dan berkarakter sesuai koridor ajaran Agama Islam.

Pada peresmian yang ditandai dengan penguntingan pita dan penanda tanganan prasasti oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah itu turut dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar, Kepala OPD, Perwakilan Kemenag Tanah Datar, Camat Lima Kaum, Forkopimca, Tokoh Masyarakat dan Komite Sekolah. (**)

Post a Comment

Previous Post Next Post