Tingkatkan Potensi Pariwisata, Pemda Tanah Datar Gelar Pelatihan

Realitakini.com Tanah Datar                              -
Memiliki potensi wisata yang sangat banyak menyimpan kekayaan wisata alam dengan panorama yang indah, Tanah Datar  juga memiliki  potensi wisata budaya dengan puluhan macam atraksi seni budaya.

Namun, pengelolaan pariwisata yang dilakukan selama ini  belum maksimal. Baik dari segi anggaran, sumber daya manusia, dan investasi swasta. 

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana pada pembukaan Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Wisata,  Jum'at (22/10/2021) di Emersia Hotel, Batusangkar Sumatra Barat

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 22-24 Oktober diikuti sebanyak  40 peserta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Tanah Datar. 

"Untuk itu, saya berharap melalui pelatihan ini terjadi peningkatan sumber daya dan peran masyarakat dalam pengembangan serta pengelolaan kepariwisataan Kabupaten Tanah Datar khususnya tentang tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, karena saat ini tercatat sebanyak 175 objek wisata di 75 nagari di Tanah Datar," kata Iqbal

Disebutkan Sekda Iqbal, kegiatan hari ini didukung Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanah Datar 2021-2026 tertuang di misi ke-4, yaitu "Pembangunan Pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam".

Iqbal juga menegaskan bahwa keadaan pandemi saat sekarang ini juga menjadi penunjang kurangnya minat pengunjung dalam kegiatan berwisata. “Salah satu upaya dalam recovery ekonomi, setelah wabah covid-19 adalah  dengan tetap membuka objek wisata dan melaksanakan event wisata, dengan  menerapkan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata, seperti restoran, hotel, homestay dan fasilitas lainnya yang dikunjungi wisatawan,” katanya.

Namun sejalan hal itu, tambah Sekda lagi, perlu melakukan peningkatan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi serta perlunya kerjasama diberbagai elemen agar terjadinya peningkatan sumber daya dan pengelolaan pariwisata.

“Sebagaimana kita ketahui, sekarang zaman media sosial. The power of media social sangat berpengaruh terhadap penyebarluasan informasi,  untuk itu kita semua harus bisa beradaptasi dengan cepat. Pengetahuan tentang tata kelola bisnis dan pemasaran yang sesuai dengan zaman sekarang perlu segera diimplimentasikan,” ujarnya

Selanjutnya Sekda berharap peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh. "Setidaknya peserta dapat mengimplementasikan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi yang baik seperti menciptakan destinasi wisata baru yang aman dan nyaman bagi para pengunjung dan membuat event-event penunjang untuk destinasi tersebut," tukas Iqbal.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Abdul Hakim menyampaikan, masalah utama kepariwisataan yang merupakan keluhan dari masyarakat atau pengunjung, yaitu kurang ramah pelaku wisata dalam menerima pengunjung dan kurangnya kebersihan di kawasan destinasi.

"Untuk itu Dinas Pariwisata sepakat dengan Provinsi untuk melombakan masing-masing destinasi wisata baik kabupaten atau kota. Agar masing-masing destinasi wisata termotivasi untuk bersaing dengan destinasi wisata lain. Yang mana perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada tahun ini," ujar Abdul Hakim.

Selanjutnya, Abdul Hakim sangat berharap kepada Pokdarwis dengan adanya kegiatan pelatihan ini, mampu membawa 16 desa wisata di Kabupaten Tanah Datar harus masuk Jejaring Desa Wisata (Jadesta). 

“Jadesta ini merupakan wadah komunikasi bagi desa wisata di seluruh Indonesia yang berbasis informasi dan teknologi untuk meningkatkan strategi pemasaran desa wisata, tentu alangkah baik dan bagus kalau peserta pelatihan mampu masuk ke sana”, ujar Abdul Hakim. (*M)

Post a Comment

Previous Post Next Post