Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah Lantik Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga periode 2021-2024

Realitakini.com-Blitar
Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah melantik Ketua Tim Penggerak  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga  periode 2021-2024, Bupati Blitar Rini Syarifah juga melantik Ketua Tim Penggerak  PKK Kecamatan sekaligus mengukuhkan Bunda-bunda PAUD Kecamatan se- Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Kamis 11/11/2021.

Dalam sambutan Bupati Blitar Hj.Rini Syarifah mengatakan, tantangan bagi kader gerakan Pemberdaya an dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) diera moderenisasi semakin berat. PKK harus lebih responsif terhadap permasalahan dimasyarakat, baik terkait dibidang kesehatan, sosial, terkait masalah stunting Kabupaten Blitar terus berjuang agar bebas stunting. 

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menunjukan tahun 2020, jumlah stunting mencapai 9,89 %, Ini PR kita bersama.untuk menjadikan Zero Stunting di Kabupaten Blitar.Stunting bukan hanya masalah kurang gizi saat hamil. Tetapi juga terkait persiapan diri dan kualitas dari kesehatan, Gaya hidup sehat ibu juga harus dipersiapkan sebelum kehamilan,”kata Bupati Blitar yang disapa Mak Rini.
Menurut Mak Rini ,peran PKK dalam pencegahan stunting yaitu, meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pergerakan peran kader, pengembangan/perorganisasian masyarakat, peningkatan upaya advokasi dan perencanaan yang mendukung pemberdayaan masyarakat, pemuktahiran data dan informasi,”tuturnya.

Mak Rini berharap, ada komitmen bersama dalam peningkatkan peran aktif kader dalam individu, keluarga dan masyarakat. Harmonisasi dan kemitraan dengan berbagai pihak sangat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam berprilaku sehat dalam pencegahan kematian ibu dan stunting,”imbuhnya.

“Tim Pengerak PKK harus mampu merepresentasikan program yang kritis terhadap kesetaraan gender, menonjolkan progresif, inovatif dan kreatif, harus mampu meyenergikan program organisasi ini dengan program dalam skema pemerintahan. Dengan demikian program yang kita laksanakan akan bersinergi dan saling memperkuat untuk mewujudkan Kabupaten Blitar yang Mandiri dan Sejahtera Berlandaskan Akhlak Mulia Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur.

Mak Rini menekankan Pengurus TP PKK harus menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan pemerintahan. Tim Penggerak PKK meningkatkan program Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) yang dalam pelaksanaannya dapat dintegrasikan dengan kegiatan posyandu,”jelasnya
.
Pada kesempatan ini, Bupati Blitar Rini Syarifah meningkatkan tentang penerapan displin protokol kesehatan 5 M + 1 M. Peran pengurus PKK sangat penting ikut andil menekan penyebaran Covid-19. Juga jangan bosan-bosan selalu mengingatkan kepada masyarakat soal disiplin Prokes meskipun sudah divaksin dan bergerak bersama menekan penyebaran Covid-19,”pungkasnya.

Dalam kesempatan ini diacarakan pula penyerahan hadiah lomba atau Trophy kepada para pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Blitar Tahun 2021 Juara I Desa Bendosari Kecamatan Sanankulon, Juara Ke II Desa Kalimanis Kecamatan Doko, Juara Ke III Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi, dan untuk Harapan I Desa Ringgin Anom Kecamatan Udanawu dan Harapan II Desa Tumpang Kecamatan Talun juga penyerahan hadiah lomba Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Terbaik I ingkatKabupaten Blitar Tahun 2021 sekaligus pemenang lomba Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Terbaik II Tingkat Propinsi Jawa Timur yang diraih oleh Tim Penggerak PKK Desa Bondosai I Kecamatan  Sanakulon (kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama