Gunakan Anggaran DBHCHT, Puskesmas Sukorejo Kota Blitar fokus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Realitakini.com-Blitar  
Anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kota Blitar mulai didistribusikan ke sejumlah dinas. Untuk Puskesmas Sukorejo, lebih berfokus kepada peningkatan pelayanan kesehatan.  Kasubbag TU Puskesmas Sukorejo Kota Blitar, Sabila Fabi mengatakan," berdasarkan data masuk, puskesmas sukarejo mendapat jatah anggaran DBHCHT sebesar Rp 337,8 di tahun 2021,katanya  rabu (23/11/2021)  

"Dari jumlah tersebut, kami langsung melangkah cepat dan dialokasikan untuk pengadaan alat kesehatan berupa bahan kesehatan dalam upaya membantu menanggulangi pendemi Covid-19," tuturnya. 

Selain itu, kata Sabila, anggaran DBHCHT juga dipergunakan dalam menangani kasus stunting di Kota Blitar. Mengingat, di tengah pandemi Covid-19 banyak pendapatan keluarga yang menurun sehingga sebagian anggaran dialihkan kesana. 

"Sebenarnya bukan hanya itu saja ya, kami juga manfaatkan anggaran DBHCHT untuk pemeriksaan kesehatan masyarakat di Pos PPKM Mikro. Jadi kita gunakan anggaran tersebut sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. 

Ia menambahkan, hingga kini penggunaan anggaran DBHCHT di puskesmas sukorejo sudah terserap sekitar 80 persen. Diharapkan, dari jumlah itu nantinya dapat terserap 100 persen dan tepat sasaran. 

"Disamping itu semua, Puskesmas Sukorejo juga menggunakan alokasi DBHCHT untuk pelayanan kesehatan umum dan gigi serta pengadaan alat pelindung diri (APD)," tandasnya.(kmf/edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama