Walikota Setujui dan Tandatangani Usulan 3 Varietas Lokal

Realitakini.com - Bengkulu
Dukungan penuh Walikota Bengkulu Helmi Hasan di dunia pertanian terus ditingkatkan. Salah satunya dengan cara menandatangani usulan 3 varietas lokal yang terdiri dari talas putih, talas hitam dan durian dan hal ini berlangsung di Balai Pengajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Bengkulu, Selasa (2/11/2021).

“Kita (Pemkot) mendukung penuh setiap inovasi-inovasi di dalam hal pertanian, khususnya dalam hal menghasilkan varietas baru. Harapan saya ini adalah langkah awal bagi kita semua dan mudah-mudahan ke depannya akan ditemukan lagi berbagai varietas baru tanam-tanaman maupun tumbuh-tumbuhan,” ungkap Helmi.

Karena, berbagai inovasi ini sangat penting karena menyangkut kehidupan manusia dan sumber pangan. Maka dari itu, diperlukan perhatian lebih kepada pertanian terutama dalam menghadapi perubahan iklim.

Sementara itu, Plh Kepala BPTP Yayuk Utami mengatakan, pendaftaran varietas lokal ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 dan telah menghasilkan 53 varietas lokal. 21 varietas lokal di tahun 2017, 18 varietas lokal di tahun 2018, 9 varietas lokal di 2019 dan 5 varietas lokal di tahun 2020.

“Sementara untuk tahun 2021, sudah terdapat 14 usulan varietas baru dan hari ini ada 3 varietas lokal yang akan segera didaftarkan setelah ditandatangani Walikota Bengkulu, yakni talas putih, talas hitam dan Durian,” ucap Yayuk Utami.

Di daftarkannya varietas lokal ini, harapan ke depannya akan menjadi aset daerah yang berkembang dan memiliki manfaat ekonomi serta kebanggan tersendiri bagi Bengkulu.

“Selain itu, karena varietas lokal ini sudah hampir punah diharapkan jika sudah keluar sertifikat tanda daftar akan membuat masyarakat menjadi lebih peduli. Kemudian, pemerintah daerah dan masyarakat akan bersama mengembangkan aset daerah ini,” ujar Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Shannora Yuliasari.

Untuk diketahui, acara penandatangan ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Zuliyati, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Adriansyah dan undangan lainnya. (Rk/Mc)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama