Watimpres Agung Laksono Kunjungi Kerajinan AMAI Setia Koto Gadang


Realitakini.com-Agam
Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman dampingi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Dr. dr. HR. Agung Laksono, berkunjung ke rumah kerajinan Amai Setia, dan Balai Adat Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, serta ke Objek Wisata Lawang Park, Kecamatan Matur, Senin (15/11).

Di rumah kerajinan Amai Setia, Wantimpres dan rombongan berkesempatan melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun dan sulaman serta melihat beberapa hasil kerajinan perak.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, didampingi Wali Nagari Koto Gadang, Budi Zulfikar, menceritakan secara singkat sejarah Kerajinan Amai Setia kepada Wantimpres, Dr. dr. HR. Agung Laksono.

Dijelaskan, kerajinan Amai Setia ini, awalnya merupakan suatu organisasi wanita pertama di Minangkabau, yang dipimpin oleh seorang tokoh wanita, yaitu Rohana Kudus.

Tujuannya untuk meningkatkan derajat wanita khususnya di Koto Gadang, dan Minangkabau pada umumnya, dengan memberi pelajaran menulis, membaca, berhitung, urusan rumah tangga, etiket, kerajinan tangan, dan menjualkan hasil kerajinan tersebut.“Kerajinan tangan tersebut masih bertahan sampai saat ini, diantaranya yaitu kerajinan perak, membuat berbagai perhiasan, seperti semat hias, kalung, gelang, rumah adat, dan lainnya, serta kerajinan sulam dan tenun dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini Pemkab Agam juga memiliki program untuk mendorong UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan direncanakan Pemkab Agam akan membuat suatu badan atau BUMD yang bergerak dibidang pemasaran.

“Agar nantinya, hasil dari produk masyarakat, atau UMKM, dapat dipasarkan melalui BUMD ini, sehingga masyarakat tidak susah lagi untuk memasarkan produknya,” jelasnya.

Sementara itu, Wantimpres, Dr. dr. HR. Agung Laksono, mengapresiasi program dan rencana yang akan dibuat Pemkab Agam.

Menurutnya, rencana membuat BUMD tersebut akan sangat membantu masyarakat dalam memasarkan hasil produknya, khususnya produk-produk UMKM.

“Karena tanpa adanya bantuan dari pemerintah, masyarakat akan kewalahan dalam memasarkan produknya,” jelasnya.

Usai berkunjung ke Rumah Kerajinan Amai Setia, Wantimpres, Dr. dr. HR. Agung Laksono beserta rombongan, juga melihat Balai Adat Nagari Koto Gadang yang berada tidak jauh dari tempat tersebut.(Aldi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama