Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo, Dikunjungi Kementrian Pertanian



Realitakini.com Tanah Datar                              -Kementrian pertanian RI di wakili Dr. Ir . Fera Mahmilia, MP  kunjungi Balai ternak Baznas "Balimbing Saiyo", Jum'at (24/12/2021) di Nagari Balimbing Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat.

Kunjungan Fera Mahmilia didampingi    Riadi Ismail manajer pabrik pakan, Dwiki Hidayat manajer Lolit ternak kambing, Misro aliansi manajer lap hijau pakan ternak dr hewan Anwar M.Pto, beserta rombongan  dalam rangka melihat langsung balai ternak Balimbing Saiyo yang launching pada bulan lalu oleh Baznas Tanah Datar melalui Baznas Pusat.

Turut hadir dalam penyambutan itu ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah dari dinas Pertanian diwakili Kabid peternakan, Drh. Varia Warvis, beserta wakil ketua 1 Syafrijal, wakil ketua II Warnelis Wadman Katik Mustafa dan para mustahik penerima bantuan.

Dalam sambutannya ketua Baznas Tanah  Datar Yasmsnsyah menyampaikan gagasan Balai ternak merupakan program pertama Baznas Tanah Datar.

"Program Balai ternak adalah program pendayagunaan masyarakat  yang rencana akan dirintis selama 3 tahun , dan selain itu lahan peternakan.juga ada di Sawah Kareh dan Bukit Tamasu

Lebih lanjut Yasmansyah menyampaikan,  "Kerjasamaa dibuat dengan Lolit kementrian pertanian telah menghasilkan dampak terhadap pelaksanaan mengentaskan kemiskinan dari mustahik menjadi muzakih, dalam bentuk balai ternak Baznas," tambahnya.

Untuk itu sampai Yasmansyah di harapkan kedepannya Tanah Datar menjadi sentra kambing Boerka dan tahun depan para muzakih belanja kepada balai ternak Balimbing

Ia juga menjelaskan 93  persen dari dana Baznas Tanah Datar bersumber dari zakat ASN dengan dukungan dari pemerintah daerah sehingga Baznas bisa menyalurkan ke Mustahik melalui program Baznas untuk pemberdayaan terhadap Mustahik.

Kepala Dinas pertanian diwakili Kabid peternakan Varia Warvis, menyampaikan sangat mendukung program Baznas Tanah Datar dalam membantu masyarakat dengan adanya balai ternak Balimbiang Saiyo  karena dengan kondisi sekarang pemerintah daerah tidak bisa sepenuhnya membantu masyarakat dan dengan adanya bantuan dari Baznas secara tidak langsung sudah membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan

Sementara itu Fera Mahmilia menyampaikan kementrian Pertanian memilih lokasi Balimbiang Saiyo karena wilayah cocok untuk pengembangan peternakan kambing jenis Boerka.

"Untuk itu diharapkan kepada  masyarakat penerima bantuan untuk bisa menjaga dan sepenuhnya merawat kambing, agar hasil yang diharapkan bisa tercapai," ujarnya. (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama