Lounching Desa Kendalrejo Talun Sebagai Desa Berdaya Dengan Ikon Pohon Kendal

Realitakini.com- Blitar,
Pengguntingan Pita Desa Kendalrejo sebagai Desa Berdaya oleh Kasi BUMDES Dinas PMD, Novi Rica di dampingi Kades Kendalrejo. Pemerintah Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar Lounching Desa Berdaya, 

Lounching Desa Budaya di hadiri Perwakil an dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kasi BUMDes, Novi Rica, Camat Talun di wakili Sekcam, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta seluruh undangan yang hadir.

“Desa Kendalrejo menggelar Lounching Desa Berdaya, ini kaitannya dengan penunjukan Dinas PMD Provinsi Jawa Timur yang mana Desa Kendalrejo masuk dalam 7 Desa yang ada di Kabupaten Blitar mendapat kan Gelar Predikat Desa Berdaya.” Kata Ahmadi.

Maka dengan berkaitan hal tersebut, pihak nya melakukan koordinasi dan kerja sama dengan BUMDES dan adik-adik  yang ber domisili di Desa Kendalrejo.

“Kita membuat Ikon Desa yaitu pohon “Kendal “, kenapa pohon Kendal? karena dahulu kala pada tahun 1901 di sini banyak pohon Kendal, akhirnya berdirinya Desa ini dinamakan Desa Kendalrejo,” ujar Kades.

Kades menjelaskan bahwa hal itu dilauncing mengingat pada saat ini Pohon Kendal sudah jarang, namun masih ada satu yaitu di wilayah RT 01 RW 06 di sumber mata air yang masih dilestarikan masyarakat.

“Nanti akan kita buat kan tempat wisata di situ, kemudian akan kita bangun dengan anggaran DD tahun 2022, selanjutnya masuk kan dan kita lanjutkan. Karena tidak ber henti sampai di sini saja,” jelas Soepanan.

Terkait Desa Berdaya, Desa Kendalrejo men dapat bantuan anggaran dari PMD Provinsi sebesar 100 juta.  8 juta untuk operasional, 92 juta untuk menggelar acara tersebut.

“Alhamdulillah saat ini sudah selesai, nanti pelayanan masyarakat BUMDES akan bekerja sama dengan PT POS Indonesia, masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak sepeda motor dan pelayanan lainnya,” pungkasnya.

Di Desa Kendalrejo banyak potensi UMKM dan pada acara tersebut pihaknya melibat kan berbagai pihak, seperti sovenir di Dusun Bendelonje, lalu Pembuat Telor Asin, dan Kripik Tempe.

“Semua yang mengurusi Bumdes, mulai dari peralatan-peralatan kantor dan ATK. Nanti arahnya ke sana, UMKM yang ada di Desa Kendalrejo bekerja sama dengan Nabata Souvenir, Kita berharap ke depan nya Desa Kendalrejo  lebih maju,” Ungkap Kades.

Sekretaris Camat Talun, Ahkiat yang me wakili Camat Talun bahwa ia mengikuti Lounching Desa Berdaya di Desa Kendalrejo, dengan harapan masyarakat bisa me nginspirasi seluruh yang ada di Talun.

“Kita bisa punya semangat, potensi untuk miliki pengembangan kesejahteraan ke depan. Desa Berdaya itu artinya Desa Kendalrejo kriterianya lebih dari yang lain, Desa yang mandiri mempunyai potensi-potensi bisa berkembang. Kecamatan sendiri hanya sebagai pembina, tergantung Desa nya. Harapannya ini bisa memicu Desa yang lain, kalau Desa Kendalrejo dan Desa Jajar bisa kenapa Desa yang lain tidak,” tandas Ahkiat ( edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama