Luar biasa !!! Akhir Tahun Dinas Dikbud Luwu buat gebrakan, Lomba Implementasi PPK

Realitakini.com,Luwu,
Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Luwu melalui  Bidang Pembinaan Sekolah Dasar menggelar Lomba Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter(PPK), Sabtu, 25/12/21 ber tempat Digedung Aula Dikbud Luwu

Kegiatan Lomba Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Dikbud Luwu dan Diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia raya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dikbud  Luwu Amirullah menyampaikan apresiasi kepada Kabid Pembinaan SD atas inisiasinya melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan yang kesannya kecil tapi dampaknya besar.

"Terima kasih kepada kepala sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Begitupun kepada Dewan Juri."ucap Sekretaris Dikbud

Ia berharap semoga ke depan semakin banyak satuan pendidikan yg berpartisipasi dan juga semoga kebiasaan baik yg telah diprogramkan Dinas Dikbud Luwu khususnya Pembinaan SD berupa hafalan 1 Minggu 1 surah,  1 Minggu 1 lagu wajib, 1 Minggu 1 doa' dapat terus dikembangkan implementasinya


Kabid pembinaan SD Andi Padri P Noor sebagai Inisiasi kegiatan mengungkapkan Kegiatan lomba ini adalah Implementasi dari Perpres No.87 tahun 2017 tentang Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Di dalamnya diamanahkan 5 Karakter Dasar yg wajib  diimplementasikan di setiap satuan pendidikan, yakni: "Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong & Integritas." Sebagai langkah awal kami uji coba implementasi 2 karakter dasar dulu yakni Religius dan Nasionalis.

Nah, sejak awal tahun 2020 yang lalu sampai sekarang kami telah intens mensosialisasikan ke setiap satuan pendidikan dalam setiap kesempatan, " program 1 Minggu 1 Doa', 1 Minggu 1 surah, 1 Minggu 1 lagu wajib" harapannya semoga kegiatan ini disambut baik dan dilaksanakan di sekolah masing-masing.

Menurutnya Ada tujuan besar yang tercapai kalau seandainya program ini terlaksana dengan baik di sekolah, yakni: Peserta Didik (khususnya yang muslim) dalam satu tahun bisa tuntas menghafal Al-Qur'an Juz 30.Karena Minggu efektif belajar dalam 1 tahun 40 sementara jumlah surah pada Juz 30 (Juz Amma) hanya 36.Begitupun dengan program 1 Doa' 1 Minggu dan 1 lagu wajib 1 Minggu. Harapannya anak-anak kita terbiasa menghafal dan mempraktikkan doa harian sesuai agama nya masing-masing. 

"Bayangkan kalau ini terlaksana dengan baik, Maka  dalam 1 tahun, anak-anak kita mampu menghafal dan mempraktikkan doa harian. ( Yang selalu saya istilahkan: " Doa sebelum dan sesudah, doa naik dan turun, doa masuk dan keluar) - masuk WC keluar WC, masuk rumah keluar rumah, dan sebagainya. - sebelum makan sesudah makan, sebelum tidur sesudah bangun tidur, dan sebagainya - Naik kendaraan turun kendaraan, dan sebagainya."kata opu kabid

Dikatakan Opu kabid Sebelummya kami melaksanakan seleksi secara umum ditingkat satuan pendidik an dengan cara online."Lomba dibagi 3 kategori, yakni; PPK Agama Islam putra, PPK AGAMA ISLAM Putri dan PPK Agama Kristen. Peserta yang lolos ke tingkat kabupaten, sebanyak 43 orang. 30 Islam dan 13 orang Kristen."tukasnya

Adapun Materi yang di Lombakan : Untuk PPK Agama Kristen: Hafal Doa, Lagu Rohani, Lagu wajib Nasional dan hafal Pancasila, Proklamasi dan Sumpah Pemuda.

Untuk PPK AGAMA ISLAM: Hafal doa harian, Juz Amma, praktik dan bacaan shalat, hafal Pancasila, Proklamasi dan Sumpah Pemuda.

Dewan Juri: PPK Agama Kristen :
- Yusuf Membunga, S. Th. (Pengawas PAK Kemenag Luwu)
- Yosfina Pagu, S.Th. (Guru PAK)
- Syarif, S.Pd., M.Pd. (Korwil)

Dewan Juri PPK Agama Islam:
- Ust. Agus Tahir S.Pd.I., M.Pd.I. (Guru PAI SMAN 1 Belopa)
- Ust. Kamauddin, S.Ag. (Guru PAI SMAN Kamanre)
- Nurdiana, S.Pd.,M.Si. (Korwil)

Setiap peserta mendapatkan Piagam penghargaan Juara 1 Bonus Rp. 1 juta, Juara 2 : Bonus Rp. 700 RB. Juara 3 : Bonus Rp. 500 RB.Dalam kegiatan tersebut Dewan Juri menyampaikan Soal yang diberikan kepada peserta adalah soal yang sama  dipakai pada saat kegiatan Porseni PGRI Luwu tahun 2021 (khususnya materi hafalan surah pendek/Juz Amma).

Apresiasi kepada Dinas Dikbud Luwu atas pelaksanaan kegiatan ini. Kualitas hafalan para pemenang sudah bagus. Yang perlu ditingkatkan adalah irama dan lagu. ( PPK Islam; red)."

Kegiatan Lomba Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Ditutup oleh Kadis Dikbud Luwu H.Hasbullah Bin Mush  menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Termasuk kepada Dewan Juri, Kepala sekolah. Pendamping dan orang tua siswa yg hadir.

"Berharap kepada Kabid Pembinaan SD agar ke depan lebih ditingkatkan dan dapat bersinergi dengan bidang SMP agar kegiatan ini dapat berkesinambungan."harap kadis Dikbud Saat menutup kegiatan Lomba PPK, Sabtu, 25/12/21

Ia juga Menyampaikan instruksi dari Bupati Luwu, bahwa kegiatan seperti menghafal  Doa, menghafal surah, Menghafal lagu wajib nasional akan dibuatkan Perbup.

Kadis Dikbud Hasbullah Bin Mush juga Mengucapkan selamat dan apresiasi kepada semua pemenang.
Kegiatan Lomba Implementasi PPK tersebut Diakhiri dengan penyerahan penghargaan dan Photo ber sama para pemenang.

Adapun pemenang: PPK agama Islam:
Untuk Putra: Juara 1 : Muh. Ismu Azzam A. Padri SDN 60 PONRANG, Juara 2 :  Hafidz Farhan Husain SDN 21 Taddette. Juara 3 : Abrar Bahaqi Harsin SDN 65 BUA

Untuk PUTRI:Juara 1 : Khairunnisa A. Padri SDN 60 PONRANG,Juara 2 : Mufidah Arqah Akbar SDN 57 Padang Sappa.Juara 3. Ariqa Qimora SDN 7 Komba

PPK Agama Kristen:
Juara 1 : Junita Patasik SDN 308 Tomale, Juara 2 : Rista Mariam SDN 308 Tomale, Juara 3 : Pitra Saputra : SDN 01 Bone Pute.


Atas terpilihnya putra dan putri nya sebagai terbaik 1, Kabid Pembinaan SD Andi Padri P Noor dikonfirmasi media kabardedikan.com menuturkan Bahwa untuk mencapai prestasi itu perjalanan tidak mudah.Diawali dengan pembiasaan,
Terutama di rumah;

Ada beberapa kiat kami lakukan, Stop televisi,  jadi anak-anak di rumah dah Ndak nonton TV. Jeda waktu antara Magrib-Isya ada program "Pesantren mandiri" Diisi dengan baca, tadarus dan hafal Al-Qur'an.

"Alhamdulillah, hasilnya ada.Yang Juara 1 Putri sekarang sudah hafal 3 Juz. (Kls 6).Tahun lalu Juara 2 pada ajang MTQ Tingkat Kab. Luwu (Hafidza) Yang juara 1 putra Kelas 4 SD Alhamdulillah sudah hafal Juz 30."ungkap opu kabid sapaan akrab.(Basnawir)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama