Buka Forum Konsultasi Publik, Bupati Sijunjung Ungkap Rencana 3 Mega Proyek di Kabupaten Sijunjung

Realitakini.com-Sijunjung
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung Tahun 2023 pada hari Kamis (20/01) di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Sijunjung.

Dari pantauan Realitakini.com yang hadir melalui koordinasi dengan Kasi Humas Kominfo Hendri Young,  Kegiatan tersebut diikuti hampir 100 orang terdiri dari Wakil Bupati, Sekdakab, Ketua dan Sekwan DPRD, Kajari, Ketua PN dan PA, Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Kepala OPD, Ketua TP PKK dan  Ketua GOW Kabupaten Sijunjung serta Ketua Perguruan Tinggi, Perwakilan Ormas, media massa dan Seluruh Camat se-Kabupaten Sijunjung. Sedangkan Wali Nagari mengikuti secara virtual di nagarinya masing masing.

"Forum ini sebagai wadah untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan dan membahas isu isu aktual pembangunan yang nantinya akan melahirkan berbagai agenda dan program unggulan pembangunan daerah yang akan dilaksanakan,  guna menjawab permasalahan pembangunan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sijunjung", ujar Benny Dwifa Yuswir.

Disampaikan juga dari periodesasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, kita sudah masuk tahun kedua ditandai dengan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023.

Untuk tahun ini direncanakan tiga pembangunan yang akan segera dilaksanakan. Pertama, pembangun an  Rumah Sakit Pratama di Kamang Baru. Kedua, pembebasan tanah untuk membangun Stadion Olahraga, pengganti Lapangan M.Yamin. Karena Lokasi lapangan M.Yamin akan  dijadikan Alun-Alun Kota Muaro yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukungnya. Ketiga, Insya Allah pada peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) 18 Februari 2022 akan diresmikan pendirian Kampus Nasional, Universitas Negeri Padang Kampus Sijunjung.

"Di kampus ini akan ada beberapa Fakultas, yang akan banyak mengundang mahasiswa untuk kuliah di Sijunjung ini," jelas Benny.

Dengan mengusung tema "Peningkatan Kualitas Daya Saing Ekonomi Daerah dan Sumber Daya Manusia Didukung Pelayanan Publik Yang Berkualitas", maka fokus penggalian isu isu aktual untuk penyusunan Rancangan Awal RKPD tahun 2023 dalam Forum Konsultasi Publik itu ada 4 agenda yaitu; 1).Peningkatan Ekonomi Kerakyatan.2) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 3). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.4). Peningkatan Kualitas dan kuantitas infrastruktur. 

"Dari 4 agenda pembangunan 2023 tersebut, akan diimplementasikan dalam 17 program unggulan daerah," ujar Benny.

"Keberhasilan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun 2023 sangat tergantung dan dipengaruhi oleh kualitas dokumen rancangan awal RKPD Kabupaten Sijunjung tahun 2023 yang kita susun saat ini," tambah Benny.

"Oleh karena itu", kata Benny, "kami berharap semua peserta Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023 baik yang sempat hadir di ruang ini maupun yang memantau melalui media elektronik agar berpartisipasi dalam memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD  Kabupaten Sijunjung tahun 2023 ini".

Kegiatan ini ditutup dengan penanda tangani Berita Acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023 setelah melalui sesi tanya jawab/ diskusi/ saran/ masukan dari peserta Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama