Kepala Kemenag Pessel, Abrar Munanda: Optimis Program Benah Rumah Pada Masyarakat Miskin Tuntas Bulan Ini

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan optimis program benah rumah yang dilakukan kepada masyarakat miskin di daerah itu tuntas dalam bulan ini. Kepala Kantor Kemenag Pesisir Selatan , Abrar Munanda mengatakan, Rabu (19/1), bahwa program benah rumah itu mulai dilaksanakan pada September tahun 2021. Pihaknya menargetkan 8-10 benah rumah dengan satu unit rumah untuk satu kecamatan.

"Dari benah rumah yang kita targetkan, In Sya Allah Januari 2022 ini tuntas. Saat ini sudah 4 rumah yang kita benah yaitu di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Batang Kapas dan Kecamatan Lengayang. Kemarin juga telah kita lakukan di Kecamatan IV Jurai," ujarnya.

Abrar menjelaskan, program benah rumah tersebut beranjak dari gerakan Jumat berkah. Kemenag, Madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA) mengumpulkan sedekah banyak sedikitnya, dengan membelikan sembako seperti, mie, telor dan lainya. Lalu dicari informasi mana rumah-rumah dan diberikan pada masyarakat yang sangat membutuhkan. 

"Beranjak dari situlah muncul ide untuk program benah rumah ini,"ungkapnya.Dijelaskan, setiap rumah yang dibenahi itu juga diiringi dengan pembinaan keagamaan yang langsung diberikan bimbingan kerohanian oleh penyuluh agama di masing-masing KUA kecamatan.

"Kami dari Kemenag mengevaluasi dan mengarahkan. Yang mengkoodinir itu kepala KUA dan Kepala Madrasah,"ujarnya.Dikatakanya, dari Kementerian Agama mencoba untuk mendekatkan diri di tengah masyarakat Pesisir Selatan. Sebab, selama ini pihaknya dikenal oleh masyarakat hanya dari pelayanan keagamaan.

Diharapkan program benah rumah ini tidak terputus dan bisa menginspirasi lembaga/ dinas/ nstansi yang lainya."Kalau saja seluruh SKPD melakukan di bawah arahan pak Bupati dan pak Wabup, saya rasa lebih dasyat gemanya. Kami dari Kemenag kan baru mulai dan inilah baru kemampuan kami,"tutupnya.(kmf/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama