Panen Perdana Kelompok Tani Lumbung Pangan Baznas Di Nagari Singgalang


Realitakini.com Tanah Datar.                              
-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar dengan berbagai programnya telah melakukan perbedayaan dan pembinaan terhadap masyarakat kurang mampu atau Mustahik guna meningkatkan kesejahteraan, salah satunya dengan lumbung pangan Baznas dengan panen perdana sayur di Jorong Sikabu Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat.

Hadir dalam panen perdana lumbung pangan Baznas , kadis pertanian diwakili kasi Amigo Rinaldi, Drs.Syafrijal Khatib Bungsu Waka , Drs.Warnelis Watman Khatib Mustafa.SH.MM. Waka II, Rahmat Dioni.S.HI Kabag Adm. Sdm dan Umum, Dai Bazns Romi Saputra,S.HI, ketua Kelompok Tani lumbung pangan Baznas Ison serta anggota kelompok tani.

Lumbung pangan Baznas merupakan suatu program berupa kelompok tani  yang terdiri dari 5 orang yang mengolah lahan untuk ditanami sayur dengan bantuan modal dari Baznas Tanah Datar.

Hal itu disampaikan oleh ketua II Baznas Tanah Datar Warnelis Khatik Mustafa mewakili ketua Baznas saat menghadiri panen perdana sayur di daerah Singgalang.

"Baznas dengan melalui  berbagai programnya menyalurkan zakat dari para muzakih untuk para Mustahik yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para Mustahik menjadi muzakih, salah satunya dengan program lumbung pangan Baznas di nagari di Singgalang ini," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan kelompok tani terdiri dari 5 orang mendapatkan bantuan modal total lebih kurang 60 juta dari Baznas Tanah Datar dan Baznas Sumatra Barat dengan bertanam sayur sawi, lobak serta daun bawang.

"Untuk panen perdana kita panen sayur sawi, sedangkan bulan Februari panen lobak sama daun bawang dan langsung dilanjutkan dengan tanam cabe dengan sistem selang seling ,," ujarnya.

Menurut Warnelis Wadman Katik mustafa, sumber dana Baznas 93% berasal dari ASN di Tanah Datar, zakat perseorangan dari TNI dan Polri serta dari para pedagang, pengusaha dan muzakih lainnya belum sampai 5%. Untuk itu sebagai pimpinan Baznas Dirinya berharap bantuan modal bisa digunakan semaksimal mungkin untuk pertanian sayuran bagi kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Sementara itu kadis pertanian diwakili Amigo Rinaldi dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dengan program lumbung pangan Baznas yang secara tidak langsung sudah membantu pemerintah daerah dalam pembinaan dan perberdayaan masyarakat petani.

"kami mewakili atas nama kadis pertanian menyampaikan apresiasi dengan program lumbung pangan Baznas yang mempunyai tujuan meningkatkan kesejahteraan petani dengan pembinaan dan bantuan modal untuk penanaman sayur, cuma saat ini harusnya ada dari petugas pertanian dari daerah ini yang hadir untuk memberikan arahan kepada petani," tuturnya.

Menurutnya,  maksud dan tujuan Baznas sama dengan dinas pertanian yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, untuk itu dirinya juga berharap kelompok tani bisa memanfaatkan sumber bantuan modal untuk pertanian secara berkesinambungan atau berkelanjutan sehingga benar-benar dimanfaatkan untuk pertanian.

"Kedepannya kami berharap Baznas bisa melakukan program lumbung pangannya tidak hanya di satu atau dua nagari saja tapi juga di semua nagari di kabupaten Tanah Datar, karena untuk peningkatsn kesejahteraan petani, untuk itu kami dari Dinas pertanian secara teknis siap membantu Baznas," tutup Amigo Rinaldi, (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama